Friday, September 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Peduli Bencana, Kwarcab Pramuka Berikan Bantuan Bagi Korban Banjir

Peduli Bencana, Kwarcab Pramuka Berikan Bantuan Bagi Korban Banjir

Reporter : Mujiono
TONGAS – Sebagai bentuk peduli bencana, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo memberikan bantuan sosial bagi keluarga korban banjir Hengki Kurniawan, warga Dusun Gunung Tugel RT/17 RW/04 Desa Curahtulis Kecamatan Tongas yang meninggal dunia setelah terseret arus sungai akibat hujan deras yang terjadi di desa tersebut, Jum’at (28/2/2020).

Bantuan sosial tersebut diserahkan oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko kepada Saturan yang merupakan orang tua dari Hengki Kurniawan.

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Sekretaris Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak H. Soeparwiyono, Waka Kwarcab Bidang Sarana Prasarana Kak H. Tutug Edi Utomo, anggota Pramuka Peduli, anggota Brigade Penolong 1313 dan Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tongas.

Bantuan sosial yang diberikan tersebut merupakan sumbangsih jiwa sosial Gerakan Pramuka di Kabupaten Probolinggo dari tiap-tiap gugus depan melalui Kwarran dan diserahkan kepada Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Bantuan sosial berupa uang tunai diserahkan oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko kepada orang tua korban Saturan.

Korban terhanyut oleh arus air sungai yang datang secara tiba tiba pada saat pulang sekolah. Padahal guru pendidik memberikan saran untuk siswa siswi tidak diperkenankan untuk pulang dahulu sebelum dijemput oleh orang tuanya. Hengki Kurniawan yang dikenal dengan panggilan sehari-harinya Diki merupakan anak kedua dari tiga bersaudara darai pasangan Saturan dan Nursiyah.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko berharap kepada keluarga korban untuk bersabar dan terus tabah atas musibah yang dialaminya. Sekaligus turut berbelasungkawa atas kejadian yang dirasakan oleh keluarga.

“Semoga bantuan yang diberikan ini menjadi manfaat dan dapat meringankan penderitaan keluarga korban. Mudah-mudahan Bapak Saturan dan Ibu Nursiyah yang ditinggalkan selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT,” harapnya.

Kak Timbul menerangkan bantuan ini sebagai wujud kemanusiaan dan bentuk jiwa sosial inisiatif dari anggota pramuka yang ada di Kabupaten Probolinggo. “Jiwa sosial yang tumbuh dari anggota pramuka merupakan sebuah upaya untuk meringankan penderitaan khususnya bagi korban musibah bencana,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal