Saturday, August 15, 2020
Depan > Kesehatan > PDAM Sediakan 18 Unit Wastafel Darurat

PDAM Sediakan 18 Unit Wastafel Darurat

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Dalam sepekan terakhir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo telah melakukan gerak cepat untuk membatasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di wilayah Kabupaten Probolinggo dengan berbagai cara.

Salah satu yang tampak adalah menyebarnya ratusan wastafel (tempat cuci tangan) darurat di berbagai tempat fasilitas publik. Wastafel darurat tersebut disediakan oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang telah ditunjuk sebelumnya.

Seperti yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Probolinggo yang turut menyediakan 18 unit wastafel darurat dengan kualitas yang cukup memadai. Yakni drum plastik berkapasitas 100 liter dengan dilengkapi sabun cair pada masing-masing wastafel.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Probolinggo Gandhi Hartoyo mengungkapkan langkah ini dimaksudkan untuk mendukung upaya-upaya strategis Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dalam mencegah penyebaran virus mematikan tersebut. Salah satunya membiasakan masyarakat cuci tangan dengan sabun.

Ke-18 unit wastafel tersebut kata Gandhi, tersebar pada 14 wilayah unit PDAM di Kabupaten Probolinggo. Yakni, Krucil, Tiris, Condong, Maron, Banyuanyar, Bantaran, Leces, Wonomerto, Sukapura, Tongas, Sumber, Besuk, Dringu dan Kraksaan. Dua unit diantaranya berada di Alun-alun Kota Kraksaan, satu unit di sekitar Gedung Olahraga Sasana Krida dan satu unit di Pasar Semampir.

“Agar wastafel ini mudah dijangkau, kami tempatkan pada beberapa lokasi yang sering dilalui masyarakat umum. Harapannya masyarakat lebih sadar akan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan memanfaatkan keberadaan wastafel ini saat beraktivitas di luar,” kata Gandhi Hartoyo saat dihubungi, Kamis (26/3/2020) siang.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengapresiasi supporting PDAM dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Probolinggo.

Ucapan terimakasih dan apresiasi juga disampaikan Yulius kepada seluruh pemerintah desa yang telah secara mandiri turut menyediakan wastafel darurat di masing-masing wilayah desanya.

“Terima kasih atas kerjasama yang baik terutama adanya fasilitas wastafel darurat yang telah disediakan seluruh pihak di area publik. Semoga masyarakat semakin sadar tentang pentingnya PHBS dan semoga wabah ini segera berlalu,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal