Friday, October 23, 2020
Depan > Kemasyarakatan > PCNU Kota Kraksaan Gelar PKPNU Angkatan ke-IX

PCNU Kota Kraksaan Gelar PKPNU Angkatan ke-IX

Reporter : Hendra Trisianto
KREJENGAN – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan menggelar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) angkatan Ke-IX yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Subulul Ma’arif Desa Kamal Kuning Kecamatan Krejengan, Senin hingga Rabu (23-24/9/2019).

Kegiatan terbuka untuk umum ini diikuti oleh 156 orang peserta yang terdiri dari 105 peserta asal Kecamatan Krejengan dan sisanya adalah dari luar wilayah Kecamatan Krejengan. Menariknya selain diikuti dari internal pengurus NU peserta terdiri dari kalangan tokoh masyarakat dan tokoh agama, profesional dan profesi lainnya seperti Kepala Desa (Kades).

Pembukaan PKPNU ini dihadiri oleh Akwan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur yang juga sebagai Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si serta jajaran Syuriyah dan Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan seperti KH Wasik Hannan, KH Musayib Nahrawi, Dr. H Abdul Aziz Wahab serta jajaran pengurus PCNU Kota Kraksaan dan MWCNU Krejengan, Camat Krejengan Ponirin dan Forkopimka Krejengan.

Dalam sambutannya, Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si menyampaikan bahwa kita semua wajib untuk senantiasa bersyukur atas takdir Allah SWT kepada kita yang telah dilahirkan di Indonesia, negara dengan mayoritas warga negaranya muslim Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah.

Kemudian syukur kedua menurut Hasan Aminuddin adalah kesempatan yang diberikan Allah SWT kepada seluruh peserta untuk mengikuti PKPNU yang didalamnya berisi pendidikan tentang ideologi bangsa Indonesia, sejarah berdirinya NU serta pemahaman ideologi NU yakni Al Qur’an, Hadis, Ijma’ dan Qiyas.

“Insya Allah pendidikan selama tiga hari kedepan ini akan mampu mencetak pribadi-pribadi yang lebih cinta terhadap NKRI dan menambah kecintaan kita terhadap Nahdlatul Ulama,” ungkap Hasan Aminuddin.

Lebih lanjut Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini mengaku sangat bangga ada generasi muda dan sepuh yang mau mengikuti PKPNU. Oleh karena itu harus ada komitmen bersama untuk menerima pendidikan karakter didalamnya sehingga nantinya menjadi kompak dan solid sehingga akan membawa berkah tersendiri.

“PKPNU ini memberi ruang bagi peserta bagaimana menjadi tokoh pergerakan. Kita ingin membangun karakter NU di tengah-tengah peradaban yang cukup mengkhawatirkan. Kita harus bangga kembali ke struktur yang kita bangun. Kita kuatkan bagaimana jaringan ini bisa terbangun dengan baik,” tandasnya. (dra)

cww trust seal