Sunday, October 25, 2020
Depan > Kesehatan > Pasien Sembuh Positif COVID-19 Bertambah 20 Orang

Pasien Sembuh Positif COVID-19 Bertambah 20 Orang

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Hingga Selasa (25/8/2020) malam, total pasien positif COVID-19 di Kabupaten Probolinggo yang dinyatakan sembuh sudah mencapai 314 orang atau setara dengan 78,11% dari total kasus 402 orang.

“Saat ini ada tambahan 20 orang yang sudah dinyatakan sembuh dari terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono.

Shodiq merinci tambahan 20 orang yang sembuh dari terkonfirmasi COVID-19 ini adalah perempuan berusia 34 tahun dari Desa Pajarakan Kulon Kecamatan Pajarakan, perempuan berusia 29 tahun, perempuan berusia 37 tahun dan laki-laki berusia 56 tahun dari Desa Maron Wetan Kecamatan Maron, perempuan berusia 27 tahun dari Desa Brumbungan Kidul Kecamatan Maron dan perempuan berusia 26 tahun dari Desa Sukokerto Kecamatan Pajarakan.

Selanjutnya, laki-laki berusia 40 tahun, perempuan berusia 11 tahun, perempuan berusia 6 tahun, laki-laki berusia 41 tahun, laki-laki berusia 51 tahun dari Desa Maron Kulon Kecamatan Maron, perempuan berusia 26 tahun dari Desa Brani Kecamatan Maron dan perempuan berusia 31 tahun dari Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih.

Kemudian, laki-laki berusia 33 tahun dari Desa Binor Kecamatan Paiton, laki-laki berusia 41 tahun dan perempuan berusia 68 tahun dari Desa Kotaanyar Kecamatan Banyuanyar, laki-laki berusia 32 tahun dari Desa Karanganyar Kecamatan Paiton, perempuan berusia 45 tahun dan perempuan berusia 19 tahun dari Kelurahan Kandangjati Kulon Kecamatan Kraksaan dan perempuan berusia 68 tahun dari Desa Alaskandang Kecamatan Besuk

“Mereka dinyatakan sembuh karena sudah selesai menjalani isolasi selama 14 hari. Ke-20 orang ini masuk ke dalam Klaster Pelangi karena penularannya terjadi secara horizontal dan tidak jelas sumbernya dari mana serta Klaster KTI karena merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi sebelumnya dari karyawan KTI Kota Probolinggo,” jelasnya.

Menurut Shodiq, sebelumnya mereka adalah kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebelumnya sebanyak 17 orang, rapid test reaktif sebanyak 2 orang dan pelaku perjalanan sebanyak 1 orang.

“Alhamdulillah, saat ini kondisi mereka bagus dan sehat. Setelah pulang ke rumahnya, mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari dengan terus menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Shodiq menambahkan mereka yang masuk dalam kategori OTG (Orang Tanpa Gejala) ini dinyatakan sembuh karena sudah menjalani waktu isolasi di rumah sehat Kabupaten Probolinggo selama 14 hari sesuai dengan protokol kesehatan yang baru.

“Setelah dinyatakan sembuh tetap sesuai dengan prosedur mereka harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari dan diingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal