Tuesday, September 29, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Pasien Positif COVID-19 Sudah Merasa Bosan, Selalu Bertanya Kapan Pulang

Pasien Positif COVID-19 Sudah Merasa Bosan, Selalu Bertanya Kapan Pulang

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Secara umum semua orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) dalam keadaan sehat wal afiat. Rata-rata mereka merasa bosan dan ingin pulang karena ingin merayakan hari raya bersama dengan keluarga.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Kamis (14/5/2020) malam. “Setiap saat mereka selalu bertanya kapan bisa pulang, sudah mulai ada rasa bosan berada di dalam rumah pengawasan. Sementara mereka sekarang suka tidak suka masih harus mengikuti protokol kesehatan sampai dia dinyatakan sembuh,” katanya.

Menurut Anang, mereka dilatih untuk mengikuti masa isolasi ini penuh dengan kesabaran. Karena proses kesembuhan itu tidak bisa langsung semuanya. Walaupun sudah mempunyai alat sendiri, tapi ada periode-periode pemeriksaan yang tetap harus dilalui.

“Itu yang membuat banyak yang tidak sabar dan ingin segera pulang untuk berhari raya. Mereka semuanya selalu bertanya kapan pulang, karena mungkin ingin merayakan lebaran. Seandainya tidak lebaran mungkin mereka tidak akan bertanya-tanya seperti itu,” jelasnya.

Anang menerangkan selama berada di ruang isolasi, aktifitas yang mereka lakukan diminta untuk berolahraga secara rutin dan sesekali saja mulai mendatangkan psikolog. Harapan dengan mereka diisolasi bisa beristirahat penuh, tidak beraktifitas dan beban pekerjaan bisa dilepas sehingga harapannya daya tahan tubuhnya jadi bagus. Kalau sudah bagus, maka kesemuanya akan semakin bagus.

“Penanganannya karena mereka orang sehat, maka kita hanya memberi makan pola makan yang bagus dan multivitamin serta sekarang kita coba kompilasikan dengan jamu-jamu tradisional untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal