Wednesday, August 12, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Pasien Positif COVID-19 Kembali Bertambah Satu Orang

Pasien Positif COVID-19 Kembali Bertambah Satu Orang

Reporter Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga Kamis (30/4/2020) malam, Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo mencatat pasien positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo kembali bertambah satu orang.

“Satu orang tambahan pasien positif COVID-19 ini berjenis kelamin laki-laki berusia 50 tahun dan berasal dari Desa Gebangan Kecamatan Krejengan. Alhamdulillah, kondisinya saat ini sehat dan sudah dimasukkan ke ruang isolasi di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, setelah masuk ke rumah pengawasan pihaknya melakukan penanganan yang standart. “Kita awasi agar bisa beristirahat dan tidak kontak dengan orang lain serta disehatkan. Nanti kalau sudah waktunya evaluasi, akan kita lakukan evaluasi,” jelasnya.

Anang menerangkan yang bersangkutan ini masih ada hubungannya dengan klaster Sukolilo karena merupakan rekan kerja dari pasien positif COVID-19 sebelumnya yang berasal dari Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton. “Kebetulan yang bersangkutan merupakan hasil tracking yang berasal dari kelompok RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan Puskesmas Tongas,” tegasnya.

Lebih lanjut Anang menegaskan untuk tracking lebih lanjut dari pasien positif COVID-19 ini masih akan dilakukan. Karena memang trackingnya sudah dilakukan sejak dari klaster sebelumnya. Kebetulan yang ada kontak erat dengan pasien positif COVID-19 sebelumnya sudah ditracking semua. Jadi ini adalah hasil dari tracking sebelumnya.

“Teman-teman kerjanya yang lain sudah dilakukan tracking. Kebetulan kapan hari tenaga medis RSUD Waluyo Jati Kraksaan sudah ditracking dan swab semua. Alhamdulillah hasilnya semua negatif. Kebetulan hanya yang bersangkutan dari Desa Gebangan Kecamatan Krejengan ini yang positif,” terangnya.

Anang menjelaskan tetapi untuk tracking dari pasien ke-18 positif COVID-19 ini tetap akan dikaji karena pihaknya merasa tidak puas takutnya yang bersangkutan sudah melakukan kontak dengan orang lain.

“Kita tetap evaluasi hasil tracking yang sudah ada. Yang bersangkutan ini memang sudah diisolasi sejak awal dilakukan tracking terhadap empat pasien positif COVID-19 tahap pertama,”pungkasnya.

Secara keseluruhan, jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Probolinggo sebanyak 18 orang. Selain dari Desa Gebangan Kecamatan Krejengan, pasien positif COVID-19 ini berasal dari Desa Bayeman Kecamatan Tongas sebanyak 4 orang, Desa Prasi Kecamatan Gading sebanyak 2 orang, Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton sebanyak 8 orang, Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran sebanyak 1 orang, Desa Bulu Kecamatan Kraksaan sebanyak 1 orang serta Desa Tamansari Kecamatan Dringu sebanyak 1 orang. (wan)

cww trust seal