Sunday, April 5, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Optimis Sensus Penduduk 2020 Sukses dan Gemilang

Optimis Sensus Penduduk 2020 Sukses dan Gemilang

Reporter : Hendra Trisianto
SUKAPURA – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo optimis dan yakin Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP 2020) di wilayah Kabupaten Probolinggo akan terlaksana dengan sukses dan gemilang.

Keyakinan tersebut disampaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Probolinggo Bagus Sunggono pada saat melaksanakan sosialisasi dan sampling pemantauan antusias masyarakat terhadap program nasional SP 2020. Dimana tahap pertama akan segera diselenggarakan secara online pada tanggal 15 Februari 2020 sampai dengan 31 Maret 2020 mendatang.

Pemantauan dan sosialisasi kali ini dilaksanakan bersama OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo pada salah satu wilayah terpencil Kabupaten Probolinggo, tepatnya di lingkungan masyarakat Tengger Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, Senin (10/02/2020) siang.

Sosialisasi yang dikemas cukup menarik tersebut diikuti oleh perwakilan warga masyarakat, kalangan pelajar, beberapa elemen masyarakat lainnya seperti TNI dan Polri serta tokoh adat setempat. Dengan berlatar Gunung Bromo, seluruh peserta sosialisasi diajak berjoget bersama dan menyanyikan “Jingle Sensus Penduduk 2020”.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPS Kabupaten Probolinggo Bagus Sunggono menghimbau agar masyarakat tidak mensia-siakan adanya Sensus Penduduk. Informasi dan data yang disampaikan secara riil dan valid oleh masyarakat disebutnya akan menjadi dasar dalam perencanaan pembangunan kedepannya.

Lebih lanjut Bagus Sunggono menambahkan dengan adanya inovasi Sensus Penduduk secara online agar dapatnya dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Karena satu Handphone (HP) android juga bisa digunakan oleh banyak pihak tanpa adanya batasan.

“Kami juga sangat mengapresiasi supporting dan dukungan Pemkab Probolinggo yang sangat luar biasa dalam membantu kami menyampaikan sosialisasi SP 2020 ini. Semoga pelaksanaan SP 2020 dapat berjalan lancar dan sukses. Tentunya berkat dukungan dan doa masyarakat Kabupaten Probolinggo,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengemukan bahwa informasi tentang SP 2020 ini juga telah diinformasikan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Probolinggo. Oleh karenanya saat ini pihaknya bersama BPS ingin memastikan bahwa informasi SP 2020 benar-benar telah tersampaikan ke tengah-tengah masyarakat

“Ayoo, tanggal 15 Februari sampai 31 Maret jangan lupa dibuka HP-nya dan isi online Sensusnya, tidak ikut sensus penduduk online ga keren,”pungkasnya.(dra)

cww trust seal