Friday, October 23, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Optimalkan Anggaran Desa, TP PKK dan LPP Desa Harus Mampu Cegah Stunting

Optimalkan Anggaran Desa, TP PKK dan LPP Desa Harus Mampu Cegah Stunting

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Ketua Lembaga Pembina Posyandu (LPP) Desa harus mampu mengoptimalkan anggaran desa yang salah satu prioritasnya untuk melakukan pencegahan stunting dan gizi buruk di desanya.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Sumberasih Rachmad Hidayanto saat memimpin rapat koordinasi (rakor) LPP Kecamatan Sumberasih, Selasa (28/1/2020) pagi. Rakor LPP yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas Sumberasih dan Koordinator PLKB Sumberasih ini diikuti oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sumberasih Ny. Hana Rachmad, Kasi Kesra Kecamatan Sumberasih serta Ketua LPP Desa dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Sumberasih.

Menurut Rachmad, LPP Desa harus betul-betul mengoptimalkan anggaran posyandu sesuai dengan potensi yang ada, termasuk pemberian makanan dengan kandungan nilai gizi tinggi untuk balita yang mengalami gizi buruk.

“Pencegahan stunting juga menjadi program prioritas Pemkab Probolinggo. Selain itu LPP Desa harus bersinergi dengan Pemerintah Desa untuk menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI) yang mana Kecamatan Sumberasih saat ini AKI dan AKB-nya relatif tinggi,” katanya.

Sementara Kepala Puskesmas Sumberasih drg Imelda menekankan agar komunikasi LPP dengan tenaga kesehatan lebih ditingkatkan. Hal ini agar deteksi dini, khususnya ibu hamil dengan resiko tinggi dapat tertangani dengan baik, sehingga meminimalisir resiko kematian saat melahirkan serta pemantaun 1000 hari kehidupan bayi baru lahir untuk mencegah kasus gizi buruk pada bayi.

Dalam kesempatan itu pula Koordinator PLKB Sumberasih meminta support dari Pemerintah Desa terkait optimalisasi Kampung KB di masing-masing desa. Hal ini agar tujuan adanya Kampung KB untuk mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat dapat terwujud.

Diakhir kegiatan, Ketua LPP Desa dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa sepakat untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam program pemerintah dalam rangka pencegahan stunting/gizi buruk di wilayah desa masing-masing. (wan)

cww trust seal