Saturday, December 7, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Monev Perkembangan UKM Batik Tulis Dewi Rengganis

Monev Perkembangan UKM Batik Tulis Dewi Rengganis

Reporter : Hendra Trisianto
KREJENGAN – Monitoring dan evaluasi (monev) perkembangan usaha yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo adalah salah satu wujud perhatian Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Probolinggo terhadap pengusaha UKM khususnya yang telah mandiri dan berkembang.

Salah satunya adalah kunjungan tim monev Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo pada galeri batik tulis Dewi Rengganis di Desa Jatiurip Kecamatan Krejengan, Selasa (9/7/2019) pagi. Dalam kunjungannya tersebut tim berfokus kepada beberapa produk terbaru Dewi Rengganis berupa batik tenun, batik bordir, batik cap serta tema wisata edukasi batik.

Hj Rusyami, Owner Galeri Batik Tulis Dewi Rengganis mengaku sangat bersyukur atas perhatian dan motivasi dari Pemkab Probolinggo kepada insan batik selama ini. Tidak terkecuali kepada dirinya, setahap demi setahap tidak hanya support melalui pemberdayaan dan peningkatan skill yang diterimanya, bantuan promosi dan publikasi merupakan catatan penting bagi perkembangan UKMnya.

“Dukungan dan pendampingan Pemkab Probolinggo kepada kami begitu luar biasa selama kurun waktu enam tahun ini. Yang terbaru, Alhamdulillah mulai tahun ini dan seterusnya Bupati Tantri (Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE) memberikan kepercayaan kepada kami untuk selalu memproduksi batik siswa Kabupaten Probolinggo,” ucap Rusyami berkaca-kaca.

Dalam kesempatan tersebut, Rusyami menunjukkan seluruh produk pengembangan batiknya, bahkan tim monev saat itu juga dipersilahkan untuk mencoba konsep wisata edukasi batik tulis yang baru saja dikembangkan UKM Dewi Rengganis beberapa waktu lalu.

“Ternyata seni membatik itu sangat menyenangkan dan menantang. Menurut kami pengalaman proses pembuatan batik tulis mulai dari mendesain pola, pewarnaan kain sampai proses mencanting ini sangat layak untuk kita jual sebagai tema wisata kekinian,” ungkap Anung Widiarto, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo saat menikmati pengalaman pertama membatik.

Lebih lanjut pria ramah penyuka musik country ini menegaskan, kedepan pihaknya akan mempromosikan tema wisata Batik Experience yang dimiliki UKM Dewi Rengganis ini agar lebih booming dan dikenal meluas.

“Langkah berikut kami adalah mendorong mereka dalam kreasi diversifikasi produk untuk menyasar lebih banyak segmentasi pasar. Dengan begitu UKM yang sudah kuat ini akan terus berkembang dengan kekayaan jenis produknya,” pungkasnya. (dra).

cww trust seal