Wednesday, August 21, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > MLPP, Pos PAUD Sindetanyar Isi Kegiatan Belajar dengan Refresing

MLPP, Pos PAUD Sindetanyar Isi Kegiatan Belajar dengan Refresing

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Dalam rangka Masa Libur Pos PAUD (MLPP), sebanyak 20 Baduta didampingi para orang tua dan guru-guru Pos PAUD Desa Sindetanyar Kecamatan Besuk menutup kegiatan bermain Pos PAUD dengan refresing/rekreasi bersama di Taman Pemandian Jabung Tirta Kecamatan Paiton dan SL Park Kraksaan, Sabtu (4/5/2019).

Dalam kesempatan tersebut, mereka melakukan refresing dan mencari suasana baru dalam pola asuh tumbuh kembang dalam layanan Pos PAUD sangat penting bagi para baduta dan para orang tuanya.

Manfaat refresing edukasi Pos PAUD bagi para baduta mengenal alam dan suasana baru bagi baduta, mengenal respon dan simulasi emosional mereka dengan suasana dan tempat ramai dan berbagai keadaan yang sama sekali belum dialaminya serta membangun daya ingat dan memperbanyak kosa kata yang dikenalkan baik melalui cerita, memancing dan menebak nama-nama yang ada di sekitarnya.

Bagi para orang tua, dapat melepas rasa penat dan kejenuhan sepanjang hari di rumah bersama baduta dengan segala suka dan dukanya. Dengan didampingi para pendidik bisa tahu bagaimana cara mengenalkan suasana bermain di tempat-tempat baru bahkan di tempat keramaian, karena biasanya baduta sangat rewel dan tidak suka keramaian dan melihat orang-orang baru yang tidak dikenal. Serta, meningkatkan kepekaan, wawasan dan kompetensi keorangtuaan dalam berkomunikasi yang tepat, lembut, penuh perhatian dan memberi kesan yang mendalam khususnya kepada badutanya.

Dengan kegiatan ini diharapkan kegiatan layanan Pos PAUD sejak bulan Juli 2018 hingga Mei 2019 dapat menjadi kegiatan bermain yang terstruktur, dievaluasi tingkat pencapaian dan rencana tindaklanjut kegiatan berikutnya setelah MLPP.

Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo menilai kegiatan ini sangat positif dan memberi dampak yang sangat baik bagi para baduta plus orang tuanya. Terlebih lagi, pelibatan orang tua dalam pendidikan di semua jenjang sangat ditekankan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah, dalam hal ini Bupati Probolinggo.

“Sinergitas antara satuan pendidikan, keluarga/orang tua dan masyarakat merupakan sebuah keniscayaan dalam menentukan kesuksesan pendidikan. Sebagaimana dituangkan dalam Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) Nomor 30 Tahun 2017 Tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan,” katanya.

Tidak lupa Massajo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Sindetanyar Su’ud yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Serta Ketua TP PKK Desa Sindetanyar Silowati Su’ud yang selalu aktif dan penuh perhatian terhadap Pos Paud di desanya. (wan)