Thursday, November 21, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Minimalisir Sampah Plastik, Jalan Santai Sambil Bawa Tumbler

Minimalisir Sampah Plastik, Jalan Santai Sambil Bawa Tumbler

Reporter : Hendra Trisianto
PAITON – Menindaklanjuti himbauan Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari, SE beberapa waktu yang lalu terkait pengurangan sampah plastik atau diet sampah plastik, Pemerintah Desa Bhinor Kecamatan Paiton menggelar jalan santai ala kampung iklim Desa Bhinor dengan tema “Aksi Kecil Diet Plastik Bersama Masyarakat”, Sabtu (14/9/2019) pagi.

Kegiatan yang juga sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Bhinor tahun 2019 ini mewajibkan kepada seluruh peserta jalan santai untuk membawa tumbler. Hal ini sebagai upaya untuk meminimalisir konsumsi minuman/air minum yang berpotensi menghasilkan sampah plastik pada kegiatan tersebut.

“Seperti yang disampaikan Ibu Bupati melalui video himbauannya di medsos (media sosial) Kabupaten Probolinggo bahwa diet plastik paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan membawa botol tumbler pada saat ke tempat kerja atau kemanapun kita pergi,” ungkap Hostifawati, Kepala Desa Bhinor.

Lebih lanjut kepala desa yang dikenal energik dan visioner ini menerangkan, sedikitnya 20 galon atau 380 liter air yang dibutuhkan dalam kegiatan itu, jika kebutuhan tersebut dikonversi dengan air mineral gelas plastik kemasan 240 ml, maka sekitar 1600 gelas plastik yang sudah dikurangi pemakaiannya saat itu.

“Bukan jumlah berapa plastik yang bisa kita kurangi, tapi aksi ini sebagai langkah untuk memasyarakatkan dan meluaskan himbauan diet kemasan plastik. Kami masyarakat Desa Bhinor siap mendukung gerakan diet plastik untuk kelestarian lingkungan, demi anak cucu kita,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal