Wednesday, November 20, 2019
Depan > Kesehatan > Metode Emo Demo, Tekan Stunting di Kabupaten Probolinggo

Metode Emo Demo, Tekan Stunting di Kabupaten Probolinggo

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Country Director Global Alliance of Improved Nutrition (GAIN) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memiliki program melalui metode teknik Emo Demo untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya penanganan stunting yang menjadi permasalahan di Kabupaten Probolinggo. Sebab permasalahan stunting ini harus diatasi bersama untuk menekan permasalahan stunting di Kabupaten Probolinggo.

Tim monitoring GAIN ini terdiri dari Country Director GAIN Indonesia Mr. Ravi Menon, perwakilan Kementerian Kesehatan RI serta Kasi Kesehatan Gizi Masyarakat (KGM) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dr. Sulvi tersebut bertemu langsung dengan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Senin (28/10/2019) malam di Peringgitan Rumah Dinas Bupati Probolinggo.

Turut mendampingi Bupati Tantri dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo. Kedatangan Tim GAIN ini bertujuan untuk pemantauan bersama pelaksanaan kegiatan MSP Kementerian Kesehatan GAIN 2017-2020 di Provinsi Jawa Timur. Yakni, melaksanakan program-program kesehatan dalam rangka meningkatkan status gizi masyarakat di Kabupaten Probolinggo.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan masyarakat. Dengan metode teknik Emo Demo ini, ada sesuatu yang menarik untuk menggugah kesadaran penuh bagi para ibu untuk mengaplikasikan metode Emo Demo. Ada perubahan yang signifikan dalam mereplikasikan kegiatan Emo Demo di 6 (enam) wilayah Puskesmas di Kabupaten Probolinggo yang belum tercover di GAIN penanganan stunting.

“Tentunya dengan replikasi di 6 (enam) wilayah puskesmas nantinya dapat menerapkan kegiatan Emo Demo untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk tahun ini tidak mengejar target, akan tetapi yang dikejar adalah memantapkan sumberdaya peningkatan kapasitas seluruh stakeholder wilayah puskesmas untuk mempelajari dan mempraktekkan program metode teknik Emo Demo,” katanya. (y0n)

cww trust seal