Sunday, October 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Merasa Tak Pantas, Tiga Warga Desa Bimo Ikhlas Kembalikan Dana BLT-DD

Merasa Tak Pantas, Tiga Warga Desa Bimo Ikhlas Kembalikan Dana BLT-DD

Reporter : Syamsul Akbar
PAKUNIRAN – Merasa tidak pantas dan masih ada yang lebih layak menerima, 3 orang warga Desa Bimo Kecamatan Pakuniran secara ikhlas dan tanpa paksaan mengembalikan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang diterimanya sebagai warga terdampak Corona Virus Disease (COVID-19).

Ketiga warga yang mengembalikan dana BLT-DD tersebut diantaranya Sri Wahyuni, Yuli Astutik dan Aprilla Rosindi. Ketiganya tercatat sebagai penerima dana BLT-DD sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan mulai April hingga Juni 2020.

Selanjutnya ketiga warga tersebut membuat surat pernyataan bermaterai disaksikan oleh Camat Pakuniran Hari Pribadi. Surat tersebut diserahkan kepada Pemerintah Desa Bimo Kecamatan Pakuniran.

“Kami merasa tidak pantas untuk menerimanya karena masih bisa bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup. Masih ada yang lebih berhak dan membutuhkan ketimbang saya. Mudah-mudahan saya mendapatkan ganti dan rejeki yang lain,” kata Sri Wahyuni.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Yuli Astutik dan Aprilla Rosindi. “Sebenarnya saya juga orang tidak mampu, tetapi saya mau membantu yang lebih layak untuk menerimanya. Kalau pekerjaan saya tani dan saya masih muda, masih bisa berusaha untuk mencari nafkah. Saya prihatin sama warga yang lebih pantas dari saya,” kata Husnan, suami dari Yuli Astutik.

Camat Pakuniran Hari Pribadi memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh tiga warga Bimo Kecamatan Pakuniran yang mengembalikan dana BLT-DD yang diterimanya.

“Tentunya ini bertolak belakang dengan yang ada di luar sana yang berebut ingin mendapatkan bantuan BLT-DD meskipun sebenarnya tidak layak,” kata Hari.

Menurut Hari, mereka mengembalikan uang yang diberikan oleh pemerintah kepadanya karena ketiganya merasa masih bisa bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

“Saat ini uang tersebut dikembalikan kepada Pemerintah Desa Bimo. Rencananya uang tersebut akan diberikan kepada yang lain yang pantas menerima, tapi masih dirapatkan dulu dengan BPD,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal