Tuesday, September 29, 2020
Depan > Pemerintahan > Masuk Zona Merah, Satgas Penanganan COVID-19 Siapkan Sejumlah Kebijakan

Masuk Zona Merah, Satgas Penanganan COVID-19 Siapkan Sejumlah Kebijakan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Saat ini Kabupaten Probolinggo masuk dalam zona merah karena dinilai memiliki tingkat risiko tinggi penyebaran virus. Selain itu, terdapat pasien COVID-19 dalam jumlah cukup tinggi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo telah membuat sejumlah kebijakan terkait kembalinya Kabupaten Probolinggo menjadi zona merah.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica, Senin (14/9/2020) malam. “Ada beberapa point penting yang nantinya akan tertuang dalam regulasi yang sedang dibuat,” katanya.

Kebijakan tersebut diantaranya peningkatkan peran promotif dan preventif seperti peningkatan sosialisasi masif serta monitoring evaluasi kegiatan yang sudah terlaksana. “Pembentukan dan pelaksanaan peran Patriot Sehat lebih diperkuat, peningkatan kapasitas perawatan pada rumah sakit rujukan COVID-19,” jelasnya.

Selanjutnya jelas Dewi, peningkatan tracing and test pada kelompok-kelompok yang berpotensi risiko transmisi. Peningkatan integrasi data serta hasil analisa data yang dapat diakses dengan mudah oleh pemangku kebijakan.

“Kemudian, pembentukan dan pengaktifan kembali satgas kecamatan sampai desa. Pemberian sanksi sosial sampai administratif pada pelaku pelanggar protokol kesehatan. Serta pemberlakuan kembali pembagian zona perkecamatan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal