Tuesday, August 11, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Masjid Al Barokah Semampir Terima 22 Ekor Hewan Qurban

Masjid Al Barokah Semampir Terima 22 Ekor Hewan Qurban

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Berdasarkan pantauan Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Probolinggo H Didik Abd. Rohim menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, animo masyarakat Kabupaten Probolinggo dalam berkurban terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dikatakan oleh Didik, hal ini tampak pada data jumlah hewan qurban yang diterima panitia qurban pada beberapa masjid di wilayah Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan yang rata-rata menunjukkan peningkatan.

“Selain keberkahan rejeki dan meningkatnya kemampuan ekonomi masyarakat, hal ini merupakan indikasi adanya hidayah Allah SWT kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk lebih peduli kepada sesama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Didik menuturkan Idul Qurban merupakan salah satu wadah bagi umat muslim untuk peduli sosial dengan saling berbagi rejeki kepada sesama khususnya para dhuafa. Intinya walaupun ini ibadah sunnah tapi dianjurkan bagi para aghniya (berkecukupan).

“Daging dan darah hewan qurban ini hanyalah sebuah sarana, hakikatnya adalah taqwa kita kepada Allah SWT. Bahkan yang tidak terduga adalah salah satu pembantu rumah tangga di Kota Kraksaan mampu berqurban seekor kambing seharga Rp. 5 juta. Subhanallah, hal ini menginspirasi kita semua,” tandasnya.

Salah satu peningkatan animo masyarakat ini juga dirasakan oleh panitia qurban Masjid Al-Barokah Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan. H Akhmad Tijani selaku ketua panitia qurban setempat melaporkan ada peningkatan yang signifikan pada jumlah hewan qurban yang diserahkan oleh warga masyarakat di sekitar Masjid Al-Barokah.

Sampai Sabtu (10/8/2019) malam menjelang pelaksanaan sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriyah, total hewan qurban yang diterimanya mencapai 22 ekor. Terdiri dari 4 (empat) ekor sapi limousine dan 18 ekor kambing/domba. Jumlah tersebut lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya yakni sapi 3 ekor dan kambing/domba sebanyak 12 ekor.

“Alhamdulillah untuk tahun ini kami perkirakan daging qurban bisa mencapai 700 paket dengan berat timbangan masing-masing paket daging qurban bisa mencapai satu kilogram lebih. Ini lebih baik dari tahun lalu dimana kami menyalurkan 600 paket dengan berat hanya tiga perempat kilogram saja,” jelas Akhmad Tijani. (dra)

cww trust seal