Sunday, July 5, 2020
Depan > Informasi Layak Anak > Manjakan Pengunjung, Alun-alun Kota Kraksaan Sediakan Stasiun Air Siap Minum

Manjakan Pengunjung, Alun-alun Kota Kraksaan Sediakan Stasiun Air Siap Minum

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pengunjung Alun-alun Kota Kraksaan kini semakin dimanjakan dengan adanya tambahan fasilitas layanan berupa Stasiun Air Siap Minum yang tersedia pada beberapa sisi Alun-alun.

Dengan fasilitas tersebut para pengunjung saat ini tidak perlu khawatir lagi jika kehabisan atau tidak sempat membawa botol tumbler air minum dari rumah manakala sedang mengunjungi Alun-alun Kota Kraksaan.

Untuk menemukan keberadaan fasilitas layanan ini tidaklah sulit, 3 (tiga) unit kran lengkap dengan wastafel penampungnya ini ditempatkan pada 3 (tiga) titik lokasi strategis. Yakni 2 (dua) unit pada sisi selatan alun-alun dan 1 (satu) unit pada sisi barat alun-alun (depan Masjid Agung Ar-Raudlah). Warna dan desainnya yang cukup mencolok juga mudah dijumpai.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Probolinggo Gandhi Hartoyo mengemukakan inovasi layanan publik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang mulai difungsikan pada momentum peringatan Hari Jadi ke-10 Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo ini selain untuk memenuhi kebutuhan air minum bagi pengunjung alun-alun, juga sebagai upaya mengurangi produksi sampah plastik air dalam kemasan.

Sedangkan untuk air yang dialirkan ke kran Gandhi menyebutkan berasal dari sumber mata air dengan kedalaman 120 meter. Sebelum dialirkan menuju kran minum air tersebut telah melalui sistem penyaringan pada komponen peralatan mesin yang ada pada masing-masing stasiun.

“Untuk menjamin kualitas dan kelayakan air minum, setiap awal bulan kami melakukan uji laboratorium yang dilakukan oleh tenaga teknis pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo bersama person dari Provinsi Jawa Timur. Manfaatkan, nikmati dan jaga fasilitas ini. Jangan lupa tutup kran setelah selesai digunakan,” kata Gandhi Hartoyo.

Belum sepekan Stasiun Air Siap Minum ini difungsikan namun sudah cukup banyak didatangi dan dimanfaatkan pengunjung dari berbagai kalangan. Ada yang langsung diminum, ada pula yang menampungnya dahulu pada tumbler bawaan mereka masing-masing.

“Baru kali ini kami mengambil air siap minum di sini. Kualitas airnya sangat bagus, menyegarkan dan layak untuk di minum,” kata Siti Fatimah (52), seorang guru pada sekolah TK PGRI Kecamatan Besuk yang sedang mengambil air minum bersama buah hatinya.

Fatimah dan rekan-rekannya mengaku senang sekaligus terbantu dengan ketersediaan air siap minum itu. Selain itu katanya, dibanding dengan yang sebelumnya suasana Alun-alun Kota Kraksaan saat ini jauh lebih nyaman dan menyenangkan.

“Apalagi fasilitas permainan anak-anak semakin lengkap, air mancurnya juga keren dan menakjubkan ditambah adanya stasiun air siap minum ini. Semoga kedepannya Alun-alun Kota Kraksaan tambah bagus lagi,” harapnya.(dra)

cww trust seal