Saturday, July 4, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Manfaatkan Penyuluh Agama Sebagai Penyuluh Zakat di Masjid

Manfaatkan Penyuluh Agama Sebagai Penyuluh Zakat di Masjid

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo melakukan sinergitas dan kerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo untuk memanfaatkan keberadaan para penyuluh agama yang berada di 24 kecamatan sebagai penyuluh zakat.

Nantinya para penyuluh agama ini akan memberikan penyuluhan terkait zakat kepada masyarakat yang ada di masjid-masjid. Sehingga secara lambat laun akan terbentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masjid.

Untuk mewujudkan rencana program tersebut, 3 (tiga) orang Komisioner Baznas Kabupaten Probolinggo mendatangani Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, Rabu (29/1/2020) siang. Kedatangannya diterima langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Santoso.

“Sesuai informasi dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, saat ini para penyuluh agama ini belum maksimal mengerti tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). Oleh karenanya, kami akan mengajak para penyuluh agama agar juga memberikan penyuluhan zakat. Dengan demikian masyarakat akan memahami tentang pentingnya zakat,” kata Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Achmad Muzammil.

Menurut Muzammil, keterlibatan penyuluh agama ini dalam memberikan penyuluhan zakat di masjid-masjid tersebut akan memberikan peluang dan potensi besar dalam meningkatkan perolehan zakat di Baznas Kabupaten Probolinggo.

“Dengan masuk ke masjid-masjid, maka nantinya akan dapat membentuk UPZ masjid. Jika UPZ masjid terbentuk, harapannya, pengumpulan zakatnya maksimal dengan tetap melaporkan kepada Baznas Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Muzammil menargetkan pada bulan Ramadhan mendatang para penyuluh zakat ini sudah mampu membentuk UPZ di masjid-masjid di Kabupaten Probolinggo. “Mudah-mudahan dengan keterlibatan penyuluh agama dalam memberikan penyuluhan zakat, target perolehan zakat tahun ini bisa tercapai,” harapnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Santoso menyambut baik upaya sinergitas yang digagas oleh Baznas Kabupaten Probolinggo. “Melalui keterlibatan penyuluh agama sebagai penyuluh zakat, diharapkan kinerjanya akan semakin maksimal,” katanya. (wan)

cww trust seal