Tuesday, September 29, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Lima Desa Ditetapkan Sebagai Kawasan Desa Wajib Pakai Masker

Lima Desa Ditetapkan Sebagai Kawasan Desa Wajib Pakai Masker

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo menetapkan 5 (lima) desa yang sudah masuk zona merah sebagai kawasan desa wajib pakai masker.

“Untuk sementara ini kawasan desa wajib pakai masker ada Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton, Desa Bayeman Kecamatan Tongas, Desa Prasi Kecamatan Gading, Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran serta Desa Bulu Kecamatan Kraksaan. Dimana kelima desa ini ada warganya yang sudah positif COVID-19 sehingga ditetapkan sebagai zona merah,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

Oleh karena itu jelas Yulius, Pemkab Probolinggo dan Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo menyerahkan masker kain kepada lima desa tersebut. Rinciannya, Desa Prasi sebanyak 3.559 buah, Desa Bulu sebanyak 4.918 buah, Desa Alaspandan sebanyak 2.027 buah, Desa Jabungsisir sebanyak 3.600 buah dan Desa Bayeman sebanyak 6.963 buah.

“Intinya satu penduduk mendapatkan satu buah masker kain. Mengenai untuk sanksinya, Satgas Kecamatan dan Desa tentunya ada sanksi sesuai dengan kearifan lokal dan mengedukasi masyarakat,” tegasnya.

Sementara Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menyampaikan ada beberapa desa yang apabila masyarakatnya tidak memakai masker didenda. Tetapi dendanya tidak terlalu berat tetapi mendidik masyarakat untuk bisa menjadi patuh.

“Sebenarnya masalahnya bukan masalah pakai masker atau tidak memakai masker, tapi bagaimana upaya kita dalam menahan penyebaran COVID-19 harus kita sadari semua dan kita upayakan semua,” ujarnya.

Menurut Anang, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE sudah menghimbau kalau bisa semua desa itu sudah masuk kawasan daerah wajib memakai masker. “Artinya, kalau sudah masuk wilayah wajib masker maka otomatis agar mereka terpaksa memakai masker akhirnya penyebaran COVID-19 ini di desa-desa itu bisa kita hambat,”pungkasnya. (wan)

cww trust seal