Wednesday, November 13, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Launching Nasek Karak Sebagai Kuliner Khas Desa Bhinor

Launching Nasek Karak Sebagai Kuliner Khas Desa Bhinor

Reporter : Hendra Trisianto
PAITON – Akhirnya salah satu kuliner turun temurun kebanggaan warga pesisir Desa Bhinor Kecamatan Paiton dikenalkan kepada masyarakat luas. Nasek Karak (nasi karak) namanya, selama ini kuliner tersebut cukup dikenal luas pada kalangan pelaut mitra kerja PLTU Paiton.

Pada peringatan genap satu tahun usia pasar minggu Dewi Harmony di kawasan wisata Pantai Bohay, Pemerintah Desa Bhinor Kecamatan Paiton melaunching kuliner Nasek Karak sebagai kuliner khas warga pesisir setempat, Minggu (13/10/2019) pagi.

Momentum yang sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas diterimanya trophy utama Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI ini ditandai dengan festival makan Nasek Karak gratis. Terkenal dengan cita rasa sambalnya yang khas, lauk ikan bakarnya yang segar dan gurih, 1000 porsi nasek karak yang tersedia saat itu ludes tanpa sisa.

“Selama satu tahun terakhir rupanya nasek karak semakin digemari para pengunjung yang notabene dari luar Desa Bhinor. Oleh sebab itu, untuk menjaga keasliannya kami launching Nasek Karak khas Desa Bhinor sebagai kuliner khas kami,” ungkap Hostifawati, Kepala Desa Bhinor.

Dalam sambutannya kepala desa yang dikenal penuh visi dan cita-cita besar ini mengapresiasi warga masyarakatnya yang disebutnya memiliki andil paling besar besar dalam membawa Desa Bhinor lebih maju dan lebih berwawasan lingkungan. Terutama dalam pencapaian terbaru yakni raihan trophy utama dari KLHK RI atas program desa Proklim 2019.

“Apa yang telah kami raih dan program kerakyatan yang telah berjalan dengan baik ini adalah untuk kemaslahatan warga masyarakat dan ini adalah baru langkah awal kami. Mohon doa barokahnya untuk program-program kami selanjutnya,” tandasnya.

Pada momen tersebut juga dihelat beberapa kegiatan diantaranya lomba marut kelapa, edukasi ecobricks untuk para pelajar serta edukasi masyarakat tentang aksi adaptasi dan mitigasi untuk lingkungan. (dra)

cww trust seal