Sunday, January 26, 2020
Depan > Pendidikan > Kwarcab Pramuka Gelar Diklat Brigade Penolong 13.13

Kwarcab Pramuka Gelar Diklat Brigade Penolong 13.13

Reporter : Syamsul Akbar
LUMBANG – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) Brigade Penolong (BP) 13.13 di Bumi Perkemahan Madakaripura Kecamatan Lumbang, Jum’at hingga Minggu (27-29/12/2019).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko ini diikuti oleh utusan dari Kwartir Ranting Gerakan Pramuka yang terdiri dari unsur pembina muda dan Penegak Pandega yang diharapkan telah lulus sekolah.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi sejarah dan PP Brigade Penolong dari BP 13 Jawa Timur, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dan Emergensi Respon dari Edy Susanto alumni PT IPMOMI Paiton, operasi SAR dari Basarnas serta materi dan praktek navigasi darat dan survival dari Kodim 0820 Probolinggo.

Ketua panitia pelaksana Kak Alyafi Zakaria mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pembina untuk selanjutnya diteruskan kepada para pendidik. “Serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan penegak pandega agar selalu siap sedia jika sewaktu-waktu dibutuhkan baik di wilayah maupun lokasi lain yang membutuhkan,” ungkapnya.

Sementara Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan kegiatan pendidikan dan latihan Brigade Penolong Gerakan Pramuka Probolinggo ini dimaksudkan sebagai wadah pembinaan pramuka di Probolinggo dalam upaya meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan dalam memberikan pertolongan dan penanganan pada kasus-kasus kecelakaan, musibah bencana alam dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya.

“Adapun tujuan diadakan diklat ini adalah meningkatkan kemampuan anggota di bidang pertolongan, menghimpun potensi, meningkatkan kebanggaan dan memberikan kesempatan kepada para pembina muda dan adik-adik penegak/pandega. Bagi peserta unsur pembina muda hasil dari diklat ini agar dikembangkan kepada peserta didik yang nanti dapat menambah jumlah relawan pramuka,” katanya.

Menurut Kak Timbul, sasaran kegiatan ini adalah untuk terbentuknya Brigade Penolong. Terencananya diklat secara terencana dan berkesinambungan, terjalinnya komunikasi dan koordinasi antara Brigade Penolong se-Jawa Timur, terbinanya potensi SAR serta meningkatkan peran pramuka dalam penanggulangan bencana.

“Oleh karena itu saya harapkan kepada peserta sekalian dalam mengikuti Diklat Brigade Penolong ini dapatnya diikuti secara sungguh-sungguh yang dilandasi dengan keiklasan dan jadikanlah dirimu sebagai anggota pramuka yang bermanfaat bagi masyarakat, keluarga, bangsa dan negara serta daerah yang kita cintai yaitu Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Kak Timbul menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Lumbang, kepala desa dan masyarakat atas ijin penggunaan tempat Bumi Perkemahan Madakaripura atas partisipasinya untuk Diklat Brigade Penolong (BP 13.13).

“Kepada jajaran Basarnas, BP 13 Jawa Timur, Kodim 0820 Probolinggo, Dinas Kesehatan, BPBD Kabupaten Probolinggo serta jajaran KPH Perhutani Probolinggo kami sampaikan ucapan terima kasih atas kesediaannya memberikan materi pelatihan dan sarana guna suksesnya penyelenggaraan diklat ini,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal