Saturday, October 24, 2020
Depan > Pemerintahan > Kunjungi Situbondo, Pemkab Studi Komparasi SAKIP, Integrasi Sistem dan SPBE

Kunjungi Situbondo, Pemkab Studi Komparasi SAKIP, Integrasi Sistem dan SPBE

Reporter : Syamsul Akbar
SITUBONDO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Selasa (25/2/2020) melakukan studi komparasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), integrasi sistem dan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) ke Kabupaten Situbondo.

Studi komparasi yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Abdul Halim ini melibatkan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo. Yakni, Bappeda, Badan Keuangan Daerah, Inspektorat, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian serta Bagian Organisasi.

Kabag Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Anna Maria DS mengungkapkan Kabupaten Situbondo dipilih sebagai tujuan dari studi komparasi karena prestasi Pemkab Situbondo mampu meraih nilai predikat A dalam penilaian SAKIP tahun 2019 dan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2019 sebesar 3,48 atau meraih nilai tertinggi untuk kabupaten/kota se-Jawa Timur.

“Atas prestasi tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Probolinggo berkeinginan untuk dapat belajar dari Pemerintah Kabupaten Situbondo. Kunjungan ke Pemkab Situbondo ini dimaksudkan untuk melakukan studi komparasi terkait SAKIP, pengintegrasian sistem perencanaan, penganggaran, monev dan e-kinerja serta SPBE,” katanya.

Menurut Anna, studi komparasi ini bertujuan untuk melihat, belajar dan berbagi pengalaman dalam pengelolaan SAKIP (strategi, langkah-langkah dan kiat Pemkab Situbondo dalam mencapai SAKIP predikat A), mengetahui proses implementasi SAKIP pada di setiap jenjang jabatan di seluruh OPD.

“Selain itu, mengetahui proses dan strategi integrasi perencanaan, penganggaran, monev, e-kinerja dan e-SKP serta mengetahui proses dan strategi penerapan SPBE di lingkungan Pemkab Situbondo,” terangnya.

Anna menerangkan tahun 2019 Bupati Probolinggo telah menargetkan SAKIP predikat A namun hasil evaluasi SAKIP 2019 Kabupaten Probolinggo mendapatkan hasil nilai 71,50 predikat BB.

“Tindak lanjut rakor evaluasi hasil SAKIP 2019, perlunya melaksanakan studi komparasi pada kabupaten/kota yang telah berhasil memperoleh SAKIP predikat A, melaksanakan integrasi sistem dan memiliki indeks SPBE yang tinggi sehingga diputuskan studi komparasi ke Kabupaten Situbondo,” tegasnya.

Lebih lanjut Anna menegaskan studi komparasi ini dilakukan untuk mengetahui strategi dan langkah-langkah Kabupaten Situbondo untuk mencapai SAKIP predikat A, salah satunya melalui integrasi sistem. Sekaligus mengetahui strategi dan langkah-langkah Kabupaten Situbondo untuk menerapkan SPBE sehingga diperoleh indeks SPBE sebesar 3,48. “Hasil studi komparasi ini akan dilaporkan kepada Ibu Bupati dan Bapak Wakil Bupati Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal