Friday, November 15, 2019
Depan > Pemerintahan > Kunjungi BPS, Wabup Timbul Bahas Angka Kemiskinan

Kunjungi BPS, Wabup Timbul Bahas Angka Kemiskinan

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO
– Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko, Kamis (24/1/2019) pagi berkunjung ke Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo. Tujuannya adalah untuk membahas permasalahan angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo.

Kedatangan Wabup Timbul ini diterima langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Probolinggo Djudjuk Widhilaksana. Turut mendampingi Wabup Timbul diantaranya Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ahmad Hasyim Ashari, Kepala Bappeda Tutug Edi Utomo, Kepala Dinas Kesehatan dr. Anang Budi Yoelijanto dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Roy Iskandar.

Program Survei Sosial Ekonomi Nasional atau Susenas merupakan salah satu survei yang diselenggarakan oleh BPS secara rutin setiap tahun. Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan Maret dan September meliputi berbagai aspek sosial-ekonomi seperti kependudukan, pendidikan, kesehatan, kemiskinan atau yang lainnya. Dari itulah BPS memiliki data-data strategis khususnya tentang angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo.

Kepala BPS Kabupaten Probolinggo Djudjuk Widhilaksana menyatakan selama ini yang menjadi kendala terjadinya penurunan angka kemiskinan disebabkan oleh kurangnya lapangan pekerjaan. Untuk melampaui garis kemiskinan di Kabupaten Probolinggo haruslah mendapatkan suport dari Pemkab Probolinggo.

“Ada 3 (tiga) hal pemasalahan yang harus kita pantau, terutama oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo agar supaya mengalami peningkatan. Beberapa kategori yang perlu diperhatikan diantaranya kemiskinan, peningkatan IPM dan pertumbuhan eonomi,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko selaku Ketua Tim Koordinasi Kemiskinan Kabupaten Probolinggo menyatakan, silaturahim dan koordinasi terkait pembahasan tentang angka kemiskinan dengan BPS Kabupaten Probolinggo sangatlah penting. Hal ini diperlukan agar supaya mendapatkan solusi dalam mengatasi pemasalahan angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo.

“Dengan menurunnya angka kemiskinan, kesejahteraan masyarakat tentunya juga akan semakin meningkat nantinya,” katanya. (y0n)

cww trust seal