Sunday, December 8, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Kreatifitas Hari Pertama Masuk PAUD

Kreatifitas Hari Pertama Masuk PAUD

Reporter : Hendra Trisianto
BESUK – Momentum hari pertama masuk sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi penilain tersendiri yang digagas oleh Penilik Diktara Kecamatan Besuk. Berbagai persoalan dan suasana yang belum siap anak-anak kembali bersekolah setelah menikmati suasana libur panjang, beberapa cerita orang tua di kampung mulai dari tidur tidak mau bangun, tidak mau turun dari tempat tidur, bahkan ada yg menangis tidak mau mandi karena tidak mau sekolah.

“Namun ada pula yang bersemangat untuk segera masuk sekolah PAUD. Hal ini membuat para orang tua sibuk dan kewalahan memancing bahkan merayu-rayu manja agar putra-putrinya bisa masuk sekolah PAUD di hari pertama dengan penuh ceria dan riang gembira,” kata Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo.

Menurut Massajo, orang tua tentu juga senang mengantar putra-putrinya ke sekolah PAUD ketika anaknya senang dan semangat hadir ke sekolah di hari pertama. Tapi tidak sedikit juga orang tuanya yang belum sukses memotivasi putri-putrinya masuk sekolah di hari pertama dan tidak kalah menariknya dan lebih heboh lagi para guru PAUD dan kepala sekolahnya bagaimana menyukseskan lembaganya masuk sekolah di hari pertama.

“Mulai dari acara penyambutan anak dan orang tuanya, mengenalkan lingkungan sekolah mulai dari Kepala Sekolah PAUD, guru PAUD dan penjaga sekolahnya. Menyiapkan agenda belajar/bermain yang spektakuler khususnya pada 2 pekan pertama masuk sekolah,” jelasnya.

Suasana, situasi dan kondisi inilah cukup menarik bagi Penilik Diktara Kecamatan Besuk untuk memberi penilaian dan penghargaan bagi para lembaga PAUD yang sukses dan kreatif mengelola hari pertama masuk sekolah PAUD. Caranya dengan mengirim foto-foto, video clip dan komentar singkat tentang sikon hari pertama masuk PAUD.

“Aspek penilaiannya meliputi kecepatan mengirim/uploud foto atau video, kreatifitas penyambutan anak, kehebohan suasana masuk PAUD, pesan dan kesan orang tua dan kegiatan belajar/bermain di hari pertama. Nantinya diambil 6 terbaik dari kiriman foto/video untuk kami lihat sebagai penilaian akhir dan penetapan nominasi lomba kreasi hari pertama masuk PAUD di Kecamatan Besuk,” terangnya.

Hal ini terang Massajo bertujuan untuk menyemangati para orang tua, peserta didik dan para guru PAUD di lembaganya agar sukses mengawali masuk sekolah PAUD di hari pertama di Kecamatan Besuk. “Sukses di hari pertama masuk sekolah, first to enter school,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal