Thursday, November 21, 2019
Depan > Pemerintahan > KPU Tetapkan 50 Caleg Terpilih

KPU Tetapkan 50 Caleg Terpilih

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menetapkan 50 orang calon anggota legislatif (caleg) terpilih hasil Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Gedung Islamic Center (GIC) Kota Kraksaan, Senin (22/7/2019) siang.

Penetapan caleg terpilih dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Probolinggo.

Rapat Pleno Terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim didampingi seluruh Komisioner Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Supriadi, jajaran Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurrahman, Kepala OPD dan Forkopimka serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo.

Hadir pula perwakilan parpol di Kabupaten Probolinggo, Eks Adhoc dalam hal ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta para caleg terpilih hasil Pemilu serentak tahun 2019 di Kabupaten Probolinggo.

Penetapan caleg terpilih ini diawali dengan pembacaan total perolehan suara dan kursi partai politik (parpol). Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penetapan oleh Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo dengan seluruh perwakilan parpol. Serta penyerahan hasil penetapan kursi parpol kepada perwakilan parpol dan penetapan caleg terpilih kepada seluruh caleg terpilih.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim menyampaikan bahwa dengan ditetapkannya para caleg terpilih tersebut, maka rangkaian tahapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif (Pileg) sudah selesai.

“Dengan penetapan caleg terpilih ini, maka berakhir sudah seluruh tahapan pemilu. Selanjutnya caleg terpilih itu akan kami serahkan kepada DPRD untuk kemudian dilakukan pelantikan. Informasinya pelantikan akan dilakukan pada tanggal 30 Agustus 2019 mendatang. Jadi kami serahkan kepada DPRD dan tugas kami selesai,” katanya.

Lukman Hakim bersyukur karena semua proses dan tahapan pelaksanaan Pemilu hingga penetapan caleg terpilih di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan dengan lancar dalam suasana yang aman dan kondusif. “Hal ini terwujud berkat kerja sama dan kerja keras dari semua jajaran mulai dari tahap persiapan hingga penetapan sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,” tukasnya.

Sementara Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Supriadi mengatakan sukses penyelenggaraan Pemilu 2019, termasuk di Kabupaten Probolinggo khususnya, berkat persiapan yang matang dan pelaksanaan yang mantap oleh penyelenggara Pemilu mulai KPU, PPK, PPS hingga KPPS. Sukses ini juga berkat dukungan aparat keamanan dalam hal ini Polri dan TNI yang mampu memberikan jaminan keamanan sehingga Pemilu berjalan tertib dan lancar.

“Demikian pula peran Bawaslu yang telah menjalankan fungsi pengawasannya dengan baik sehingga Pemilu dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Keberhasilan penyenggaraan Pemilu ini juga berkat peran serta partai politik peserta pemilu, para pemilih dan seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Lebih lanjut Supriadi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi keluarga besar KPU yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya tanpa mengenal lelah, termasuk 2 (dua) penyelenggara pemilu yang gugur dalam tugas. Semoga pengorbanan dan segala amal ibadahnya mendapat balasan yang terbaik dari Allah SWT.

“Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada aparat keamanan, Bawaslu, partai politik peserta pemilu, para pemilih dan seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo atas koordinasi yang baik dan partisipasinya sehingga Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan aman, tertib dan lancer,” terangnya.

Supriadi mengharapkan caleg terpilih dapat menjadi mediator atau penengah masyarakat yang saat Pemilu kemarin memiliki perbedaan pilihan. Kini saatnya kembali bahu-membahu membangun bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Probolinggo.

“Semoga para caleg terpilih dapat menjadi mitra pemerintah daerah dalam menjalankan setiap program pemerintahan dan pembangunan dengan tidak menghilangkan fungsi kontrol, budgeter dan legislasinya. Selamat kepada calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Probolinggo yang ditetapkan, semoga dapat menjalankan amanah yang telah diberikan oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo dan memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari KPU Kabupaten Probolinggo dari hasil penetapan kursi parpol dan caleg terpilih, Partai NasDem memperoleh 16 kursi. Selanjutnya, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan masing-masing mendapatkan 7 kursi. Kemudian, PDI Perjuangan mendapatkan 5 kursi dan Partai Hanura meraih 1 kursi. Perolehan kursi ini diperolah dari 7 (tujuh) daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Probolinggo.

Sedangkan Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia sama-sama tidak mendapatkan kursi. (wan)

cww trust seal