Thursday, June 27, 2019
Depan > Pemerintahan > KPU Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak

KPU Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo melakukan pemusnahan dengan cara membakar ribuan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, baik Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Timur dan DPRD Kabupaten Probolinggo yang rusak setelah proses penyortiran dan pelipatan beberapa waktu lalu.

Pemusnahan yang dilakukan halaman depan Kantor KPU Kabupaten Probolinggo, Rabu (17/4/2019) siang ini disaksikan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib dan aparat kepolisian dari Polres Probolinggo. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan amanat Surat KPU RI Nomor 667/PP.10.5/SD/07/KPU/IV/2019 tanggal 10 April 2019 Tentang Pemusnahan Logistik Pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengungkapkan surat suara Pemilu tahun 2019 rusak yang dimusnahkan mencapai 2.119 lembar. Terdiri dari 47 lembar untuk Presiden dan Wakil Presiden, 876 lembar untuk DPR RI, 449 lembar untuk DPD RI, 229 lembar untuk DPRD Provinsi Jawa Timur dan 518 lembar untuk DPRD Kabupaten Probolinggo.

“Pemusnahan ini dilakukan terhadap surat suara yang rusak, cacat atau sisa dari kiriman. Semua perincian surat suara yang rusak dan sudah dimusnahkan ini sudah kami buatkan berita acara mendetail sesuai jenis surat suara yang rusak,” katanya.

Menurut Lukman Hakim, rata-rata surat suara rusak akibat robek dan terkena noda saat proses pewarnaan dari percetakan sehingga gambarnya tidak jelas.

“Pemusnahan surat suara rusak ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan surat suara serta mengantisipasi potensi kecurangan selama proses Pemilu serentak tahun 2019,” pungkasnya. (wan)