Tuesday, August 4, 2020
Depan > Pemerintahan > KPU Gelar Rapat Pleno Penetapan Caleg Terpilih

KPU Gelar Rapat Pleno Penetapan Caleg Terpilih

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, Senin (17/6/2019) menggelar rapat pleno penetapan calon legislatif (caleg) terpilih hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019. Hasil dari rapat pleno ini nantinya akan disampaikan pada saat mengundang perwakilan partai politik (parpol) di Kabupaten Probolinggo.

Rapat pleno penetapan caleg terpilih hasil Pileg ini dihadiri oleh para Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Sekretaris dan para kasubbag di Sekretariat KPU Kabupaten Probolinggo.

“Setelah rapat pleno ini akan diadakan rapat pembentukan panitia penetapan. Setelah itu KPU Kabupaten Probolinggo akan mengundang parpol dan akan memberitahukan caleg terpilih agar mempersiapkan diri dalam acara penetapan nanti,” kata Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim.

Menurut Lukman Hakim, ada hal yang perlu diperhatikan untuk caleg terpilih sesuai dengan Pasal 37 ayat 3 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, agar bisa segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). “Hal ini supaya segera dipenuhi agar tidak menghambat jadwal dan acara pelantikan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo yang baru,” jelasnya.

Lukman Hakim menerangkan penyerahan LHKPN ini dilakukan paling lambat tujuh hari setelah penetapan hasil pemilu. Jika melebihi batas tersebut, maka caleg terpilih dapat ditunda pelantikannya. “Batas waktu penyerahan LHKPN itu tujuh hari setelah penetapan hasil pemilu. Lalu kemudian itu tetap ditunggu, jika tidak menyerahkan maka akan ditunda pelantikannya,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal