Wednesday, January 29, 2020
Depan > Kemasyarakatan > KPPBC Tipe Madya Pabean C Probolinggo Canangkan Zona Integritas

KPPBC Tipe Madya Pabean C Probolinggo Canangkan Zona Integritas

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Probolinggo melakukan pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Rabu (7/8/2019) di halaman KPPBC Tipe Madya Pabean C Probolinggo.

Kegiatan yang ditandai dengan pemotongan pita ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi pemerintahan bersih dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Kegiatan ini dihadiri oleh Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC ) Kepala Kanwil Jawa Timur II Agus Herman diikuti oleh jajaran Pemerintahan Kabupaten/Kota Probolinggo dan Lumajang, baik dari unsur aparat TNI/Polri maupun instansi di lingkungan Probolinggo.

Pencanangan Zona Integritas dilaksanakan sejalan dengan adanya Grand Design Reformasi Birokrasi Pemerintahan Tahun 2010 – 2025 yang menetapkan tiga sasaran utama. Diantaranya, peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan pelayanan publik.

Pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara meluas yang tujuannya adalah agar semua pihak dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam kegiatan reformasi birokrasi. Secara khusus dibidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC ) Kepala Kanwil Jawa Timur II Agus Herman mengharapkan perlu adanya dukungan oleh satuan kerja untuk dapat membantu mewujudkan zona integritas di lingkungan kerjanya dan dapat terus merasakan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Zona Integritas itu sendiri merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya untuk memiliki komitmen dalam mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Dimana implementasinya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN,” katanya.

Sementara Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC ) Tipe Madya Pabean C Probolinggo RM Agus Eka Widjaja menjelaskan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari korupsi dicanangkan dalam rangka mewujudkan komitmen pencegahan korupsi melalui pelaksanaan kegiatan-kegiatan pencegahan korupsi dalam bentuk yang lebih nyata secara terpadu. (y0n)

cww trust seal