Wednesday, November 20, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Korwil Pendidikan Besuk Sosialisasikan Pemetaan Mutu PAUD dan PKBM

Korwil Pendidikan Besuk Sosialisasikan Pemetaan Mutu PAUD dan PKBM

Reporter : Hendra Trisianto
BESUK – Sebagai persiapan awal masuk PAUD, Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Besuk melalui Penilik Diktara mengadakan sosialisasi pemetaan mutu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Kecamatan Besuk, Jum’at (12/7/2019). Kegiatan ini diikuti oleh 32 lembaga PAUD (Kelompok Bermain, Taman Posyandu dan Pos PAUD) dan PKBM (Insan Cendekia dan Cahaya Ilmu).

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Besuk Sofiah Hastuti memberikan support pentingnya layanan PAUD dan penatakelolaan lembaga PAUD agar semakin baik, dipercaya dan bermutu ke depannya

“Tugas Korwil adalah sebagai kepanjangan tugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo di wilayah Kecamatan Besuk dalam mengkoordinasikan lembaga pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP baik negeri maupun swasta,” katanya.

Sementara Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo menyampaikan point-point penting tentang review hasil pemetaan mutu PAUD tahun 2018, sasaran pemetaan mutu, lembaga PAUD dan PKBM tahun 2019 dan petunjuk teknis pengisian format pemetaan mutu secara online sebagaimana sistem aplikasi yang sosialisasikan oleh Tim BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur. “Serta, persiapan awal masuk sekolah PAUD dan kesetaraan serta persiapan kegiatan dalam rangka HUT RI tahun 2019 dan lain-lain,” ungkapnya.

Menurut Massajo, kondisi pemetaan mutu PAUD diantaranya, hasil pemetaan tahun 2018 sebanyak 21 lembaga PAUD, kualifikasi B sebanyak 19 lembaga dan kualifikasi C sebanyak 2 lembaga. Tahun 2019 sasaran pemetaan mutu PAUD sebanyak 9 lembaga dan PKBM 1 lembaga. Saat ini lembaga yang sudah terakreditasi A adalah PKBM Insan Cendekia dan PAUD Ananda terakreditasi C.

“Kami mengharapkan agar 9 (Sembilan) lembaga PAUD dan 1 (satu) PKBM Cahaya Ilmu dalam pengisin instrumen pemetaan mutu baik secara manual maupun online bagi PAUD dan PKBM dapat berjalan lancar, terpenuhi secara maksimal dan memperoleh nilai sangat baik (kualifikasi A),” jelasnya.

Sementara persiapan awal masuk PAUD dan PKBM, Massajo melakukan chek list kesiapan kepada para kepala sekolah PAUD dan Ketua PKBM yang hadir serta menghimbau agar pada tanggal 15 Juli 2019 sudah siap administrasi, kegiatan penyambutaan peserta didik baru dan kegiatan pembelajaran yang kreatif khusus 2 minggu pertama.

“Karena tidak mudah bagi anak-anak PAUD yang sudah lama libur langsung siap belajar atau bermain di sekolah. Butuh penyesuaian lagi agar fresh, ceria, riang gembira dan semangat. Buatlah perencanaan yang matang dan rapatkan di masing-masing lembaga sebelum hari Senin mulai belajar,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal