Wednesday, November 20, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Koper Bagasi Jamaah Haji Mulai Ditimbang

Koper Bagasi Jamaah Haji Mulai Ditimbang

Reporter : Mujiono
KRAKSAAN – Jelang kepulangan ke tanah air usai melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah, koper bagasi dan barang bawaan jamaah haji Indonesia mulai ditimbang, termasuk juga jamaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 13 dan 14 Kabupaten Probolinggo, Senin (19/8/2019) pukul 08.00 WAS (Waktu Arab Saudi).

Satu persatu barang bawaan jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo ini ditimbang oleh petugas dari pihak Maskapai Saudi Arabian Airlines. Sebelum penimbangan dilakukan, koper bagasi tersebut disiapkan di lobby hotel masing-masing.

“Saat ini para jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo sedang mengikuti penimbangan koper bagasinya. Koper bagasi ini tidak boleh dari 32 kilogram serta tidak memasukkan cairan, terutama air zam-zam ke dalam koper,” kata Kepala Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kabupaten Probolinggo Santoso.

Menurut Santoso, nantinya koper bagasi yang beratnya berlebih akan dikurangai dan yang ada air zam-zamnya dikeluarkan. “Jika melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan, maka dipastikan akan kena sweeping (sisir) dari pihak maskapai. Oleh karena itu, kami mengimbau seluruh jamaah haji untuk tidak memasukkan air zam-zam ke dalam tas koper karena setiap jamaah haji sudah dipastikan mendapatkan jatah air zam-zam,” jelasnya.

Santoso menerangkan, sesuai ketentuan dari pihak Maskapai Saudi Arabian Airlines, koper bagasi berat makimal 32 kg (lebih dari 32 kg koper tidak dibawa), tidak menyimpan air apapun itu terutama zam-zam didalamnya dikarenakan dapat membahayakan pesawat, tidak ada benda apapun yang menempel atau ikatan kain pada koper bagasi serta koper bagasi tidak memakai jarring-jaring tambang.

“Kami memohon kerja sama dari semua jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo untuk mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak maskapai sehingga proses penimbangan koper bagasi bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal