Tuesday, October 27, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Komorbid Jadi Penyebab Utama Tingginya Kasus Kematian Orang Positif COVID-19

Komorbid Jadi Penyebab Utama Tingginya Kasus Kematian Orang Positif COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Akhir-akhir ini hampir setiap hari terjadi kasus orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang meninggal dunia. Hal inilah yang menyebabkan angka kasus kematian akibat virus Corona di Kabupaten Probolinggo semakin bertambah.

Menyikapi hal tersebut, Juru Bicara Ketua Bicara Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COV ID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono menyampaikan bahwa penyebab utama dari meninggalnya orang positif virus Corona ini dikarenakan adanya komorbid (penyakit penyerta).

“Kasus orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang meninggal dunia setiap hari ini biasanya dikarenakan mereka mempunyai komorbid (penyakit penyerta) sehingga memberatkan penyakitnya tatkala orang terkonfirmasi positif COVID-19,” katanya, Jum’at (28/8/2020) malam.

Menurut Shodiq, upaya-upaya yang akan dilakukan adalah dengan menemukan pasien dengan komorbid ini sedini mungkin sehingga kondisinya tidak terlalu berat dan bisa ditangani sedini mungkin.

“Nantinya puskesmas-puskesmas akan lebih giat lagi melakukan surveilans. Oleh karena itu masyarakat yang mempunyai komorbid jangan takut untuk berobat ke puskesmas apabila ada gangguan kesehatan,” jelasnya.

Ke depan tambah Shodiq, puskesmas akan melakukan surveilans sehari-hari. “Pertama surveilans terhadap pengunjung puskesmas yang memiliki gejala mirip COVID-19 dan kedua surveilans terhadap kelompok rentan seperti lansia serta kelompok-kelompok yang menderita diabetes maupun penyakit-penyakit turunan lainnya,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal