Sunday, January 26, 2020
Depan > Kesehatan > Komatda Gelar Workshop Kesehatan Mata

Komatda Gelar Workshop Kesehatan Mata

Reporter : Mujiono
KRAKSAAN – Komite Mata Daerah (Komatda) Kabupaten Probolinggo menggelar workshop tentang kesehatan mata dalam rangka memperingati Hari Mata se-Dunia seusai pelaksanaan pengukuhan pengurus Komatda Kabupaten Probolinggo, Minggu (15 /12/2019) di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo.

Workshop ini diikuti oleh 33 kepala puskesmas dan 33 petugas indra/petugas mata dari 33 puskesmas, 61 kader mata masyarakat, 100 guru SD, SMP maupun MTs se-Kabupaten Probolinggo yang dibimbing langsung oleh narasumber dari Yayasan Paramitra Jawa Timur Asiah Sugianti, Ketua Komatda Kabupaten Probolinggo dr. Mirrah Samiyah dan dokter RSUD Waluyo Jati Kraksaan dr. Dian.

Diacara yang sama, terdapat beberapa stand yang turut andil memeriahkan kegiatan workshop. Diantaranya stand dari desa sehat mata di Desa Dungun Kecamatan Tongas, Desa Kertonegoro Kecamatan Pakuniran, SMP 2 Gending dan difabel (Pertuni dan PDKPro) Kabupaten Probolinggo.

Ketua Komatda Kabupaten Probolinggo dr. Mirrah Samiyah menjelaskan, kegiatan workshop ini sangat penting untuk membantu penanganan mata di Kabupaten Probolinggo. Melalui workshop ini mengajak semua lebih memahami terhadap gangguan mata.

“Dengan adanya temuan gangguan penglihatan di Kabupaten Probolinggo, perlu dilaksanakan deteksi lebih awal. Strategi yang dilakukannya adalah lebih mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Kami akan melakukan pelatihan para kader di setiap desa dan juga melatih para guru sebagai ujung tombak pendidikan yang nantinya mampu menscreening terkait perkembangan penglihatan anak didiknya,” ungkapnya. (y0n)

cww trust seal