Friday, September 20, 2019
Depan > Pendidikan > KKG PAI Paiton Gelar Bimtek Aplikasi Siaga

KKG PAI Paiton Gelar Bimtek Aplikasi Siaga

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Paiton menggelar bimbingan teknis (bimtek) aplikasi siaga dan pengembangan keprofesian Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) SD di SDN Sukodadi 1 Kecamatan Paiton, Kamis (12/9/2019).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Santoso ini diikuti oleh 50 orang GPAI SD negeri/swasta di wilayah Kecamatan Paiton.

Selama kegiatan, para peserta diberikan materi pengembangan keprofesian GPAI SD dan bimtek aplikasi siaga. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima jabatan PPAI Kecamatan Paiton.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso mengungkapkan bahwa peran dan tugas GPAI sangat potensial dan strategis dalam melaksanakan tugas pendidikan agama di sekolah dan masyarakat. “Oleh sebab itu, GPAI memiliki fungsi ganda dengan tambahan tugas dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang program Kemenag,” ungkapnya.

Menurut Santoso, GPAI harus memahami sistem administrasi Siaga untuk kemudahan pencairan TPP. “GPAI harus mampu mengikuti dan mengembangkan kompetensi berkelanjutan, melakukan inovasi pembelajaran dalam membentuk karakter siswa serta membentuk akhlaqul karimah,” jelasnya.

Santoso menambahkan untuk itu GPAI hendaknya melakukan upaya membangun koordinasi dan kolaborasi program dan kegiatan yang dilaksanakan. “Sekaligus membangun sinergi dan harmonisasi yang baik, internal maupun eksternal bagi GPAI, kepala dan pengawas untuk kesuksesan program dan tugasnya,” pungkasnya. (wan)