Friday, November 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Ketua TP PKK Kelurahan Patokan dan Sidomukti Dilantik

Ketua TP PKK Kelurahan Patokan dan Sidomukti Dilantik

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Patokan dan Sidomukti Kecamatan Kraksaan resmi dilantik oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kraksaan Ny. Marde Dartin Ridwan di Pendopo Kecamatan Kraksaan, Rabu (6/3/2019) pagi.

Dalam pelantikan ini, Ny. Musrijanah Nanik Porwanti Tauhid dilantik sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Patokan menggantikan Ny. Yeni Ernawati dan Ny. Yayuk Suprihartini Edy Sunyoto dilantik sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Sidomukti menggantikan Ny. Sri Retnaning Widyowati.

Pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Patokan dan Sidomukti Kecamatan Kraksaan ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko beserta segenap pengurus, Camat Kraksaan Muhamad Ridwan, Lurah Patokan Tauhid, Lurah Sidomukti Edy Sunyoto serta pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Kraksaan serta Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan se-Kecamatan Kraksaan.

Camat Kraksaan Muhamad Ridwan menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Patokan dan Sidomukti dengan harapan mampu membawa nuansa baru sehingga kegiatannya bisa bergairah dan berdaya lagi.

“Kami berharap agar ketua yang sudah dilantik segera mensinergikan dengan kegiatan TP PKK yang ada di kelurahan. Insya Allah, di dua kelurahan ini kegiatan TP PKK sudah jalan semua, termasuk Dasa Wisma sehingga bisa memudahkan tugas-tugasnya,” katanya.

Ridwan juga meminta agar pengurus TP PKK yang ada di desa dan kelurahan bisa pro aktif bagaimana supaya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) bisa ditekan serendah-rendahnya. Apalagi Kecamatan Kraksaan masih berada di rangking 6 terbesar di Kabupaten Probolinggo.

“Ini tugas bersama, dari segi infrastruktur sudah sangat memadai tetapi mengapa angka AKI dan AKB masih tinggi. PKK perannya sangat besar dan hendaknya memperhatikan para kader yang ada si desa/kelurahan. Komitmen ini harus dipegang sehingga keberadaan PKK bisa memberikan kontribusi yang sangat besar,” tegasnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko mengharapkan agar pengurus TP PKK yang baru saja dilantik bisa meneruskan program-program yang digagas oleh pengurus sebelumnya. “Selamat bertugas kepada pengurus baru dan terima kasih atas sumbangsih yang sudah diberikan oleh pengurus lama selama ini. Semoga dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Menurut Ny Nunung, saat ini ada 3 (tiga) permasalahan besar yang sedang dihadapi oleh Kabupaten Probolinggo. Yakni, AKI, AKB dan stunting. Tentunya TP PKK mulai dari tingkatdesa/kelurahan dan kecamatan harus memfokuskan kepada 3 program tersebut.

“Tentunya kita berharap dimana kepala desa bisa dialokasikan di Dana Desa untuk sektor kesehatan. Semoga TP PKK ini bisa melaksanakan tugasnya dengan sempurna dengan melakukan pendataan kependudukan dan bidan harus selalu mendata wanita hamil, ibu menyusui dan wanita resiko tinggi. Termasuk membentuk desa siaga. Kepala desa dan lurah harus mendukung program apa yang dilakukan TP PKK desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Kraksaan,” harapnya. (wan)

cww trust seal