Sunday, December 8, 2019
Depan > Pemerintahan > Kenalkan Batik Tulis Khas Kepada Wakil Dubes Australia

Kenalkan Batik Tulis Khas Kepada Wakil Dubes Australia

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Kehadiran Wakil Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Allaster Cox bersama rombongan INOVASI Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Probolinggo di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Probolinggo, Sabtu (20/7/2019) siang dimanfaatkan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE untuk mengenalkan dan mempromosikan batik tulis khas Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tantri memberikan batik tulis Dewi Rengganis kepada Wakil Dubes Australia untuk Indonesia Allaster Cox. Tidak hanya menerima, tetapi Allaster Cox langsung membuka batik tulis tersebut. Sekaligus merasa kagum atas motif dan corak yang dimiliki batik tulis karya masyarakat Kabupaten Probolinggo tersebut.

“Ini adalah batik lokal khas Kabupaten Probolinggo. Jadi ini sedikit promosi, semua batik yang dipakai ini adalah produk UKM Kabupaten Probolinggo. Ini motif khas Kabupaten Probolinggo. Ciri khas batiknya adalah perpaduan warnanya yang kontras,” kata Bupati Tantri.

Sementara Wakil Dubes Australia untuk Indonesia Allaster Cox menyampaikan dalam setiap kunjungannya ke beberapa daerah, dirinya selalu belajar semua batik tulis di seluruh Jawa Timur. “Batik ini merupakan industri kreatif yang dihasilkan oleh masyarakat. Saya kagum dengan motif dan coraknya sangat indah sekali,” ungkapnya. (wan)

cww trust seal