Wednesday, November 20, 2019
Depan > Pendidikan > Kemenag Gelar Pengembangan Kurikulum Berbasis Kecakapan Abad 21

Kemenag Gelar Pengembangan Kurikulum Berbasis Kecakapan Abad 21

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo, Kamis (31/10/2019) menggelar pengembangan kurikulum berbasis kecakapan abad 21 dan menyongsong Keputusan Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia tahun 2019 di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Al Ikhlas Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh 116 orang peserta terdiri dari unsur Pengawas RA/Madrasah, Ketua KKMI, MTs dan MA, Satker MIN, MTsN dan MAN serta Ketua IGRA se-Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan ini ratusan peserta mendapatkan materi tentang kebijakan umum tentang kurikulum nasional, implementasi Kurikulum 2013 di lembaga RA/Madrasah serta RPP STEM dan HOTS dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk update konten Kurikulum 2013 sebagai upaya pengembangan kurikulum di RA/Madrasah serta up grade kompetensi dan implementasi Kurikulum 2013.

“Selain itu, untuk sharing dan menyamakan persepsi, pemaparan kurikulum berbasis dengan spesifikasi kecakapan abad 21 serta model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual teaching and learning,” ungkapnya.

Menurut Santoso, seluruh stakeholders memiliki kesamaan persepsi tentang domain Kurikulum 2013 secara komprehensif dan mengimplementasikan dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) secara profesional, efektif dan efisien. “Dengan kegiatan ini diharapkan peserta melakukan desiminasi terhadap binaan di lembaganya masing-masing sebagai bentuk tanggung jawab moral,” harapnya. (wan)

cww trust seal