Thursday, November 21, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Kemenag Gelar Bimbingan Manasik Haji Masal

Kemenag Gelar Bimbingan Manasik Haji Masal

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk meningkatkan pengetahuan bagi Calon Jama’ah Haji (CJH) saat melaksanakan ibadah haji, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo menggelar Bimbingan Manasik Haji Masal Tahun 1440 Hijriyah, Rabu (12/6/2019) di Paseban Sena Probolinggo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si didampingi Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Bimbingan Manasik Haji Masal ini diikuti oleh para CJH se-Kabupaten Probolinggo sebanyak 905 jamaah. Rinciannya, 890 CJH masuk kloter 13 dan kloter 14. Sedangkan 15 CJH masuk pada kloter 82 yang akan berangkat menuju ke tanah suci Mekah dan Madinah di tahun 2019.

Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso menyampaikan kegiatan manasik haji ini merupakan kebijakan Kemenag dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo agar supaya calon jamaah haji mendapat pengetahuan dan bimbingan cara-cara melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekah dan Madinah.

“Pendaftaran haji bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo dapat dilayani secara langsung oleh Kemenag Kabupaten Probolinggo melalui Mal Pelayanan Publik. Dengan adanya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo sangat bermanfaat karena dapat membantu dengan mudah dan cepat proses pendaftaran haji,” katanya.

Sementara anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si menegaskan kegiatan manasik haji ini sangat membantu bagi para jamaah haji Kabupaten Probolinggo dengan diberikan pemahaman secara materi dan praktek mengenai pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar oleh Kemenag Kabupaten Probolinggo.

“Bersyukur bagi CJH yang berkesempatan mendapatkan panggilan Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekah dan Madinah. Diharapkan, bagi CJH untuk benar-benar ibadah kepada Allah SWT dan juga bersedekah. Semoga para jamaah haji selalu diberikan kemudahan dan kelancaran saat melaksanakan ibadah haji. Semoga menjadi haji yang mabrur,” katanya. (wan)

cww trust seal