Thursday, August 13, 2020
Depan > Pendidikan > Kembangkan Potensi Desa Banjarsari, KKN 136 UMM Buat Brownis Jagung

Kembangkan Potensi Desa Banjarsari, KKN 136 UMM Buat Brownis Jagung

Reporter : Mujiono
SUMBERASIH – Sebagai upaya mendorong pengembangan potensi Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 136 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat inovasi baru terhadap olahan jagung. Inovasi ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan pembuatan brownis jagung, Senin (29/7/2019).

Kegiatan tersebut merupakan program kerja Divisi Ekowir (Ekonomi Kewirausahaan) yang bekerja sama dengan pengusaha KUB Amanah Desa Banjarsari Lilik Nurhayati. Setiap anggota divisi memiliki kontribusi penting atas kelangsungan acara.

Penyuluhan pembuatan brownis dari jagung ini dibuka oleh Koordinator Divisi Ekowir Ikhya Al Islam. Dalam sambutannya menyampaikan nilai gizi jagung, potensi jagung serta pemanfaatan Sumber Daya Manusia di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih. Selain itu, tujuan kegiatannya untuk meningkatkan daya berwirausaha masyarakat atas potensi yang ada.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang peserta yang merupakan anggota pekerja KUB Amanah. Setelah dibuka, kegiatan ini dilanjutkan dengan pembagian resep brownis jagung. Dua anggota Ekowir menjadi juru masak dan satu translator Bahasa Madura demi memperlancar komunikasi dalam penyuluhan tersebut.

“Jagung manis menjadi pilihan untuk bahan utama karena dianggap lebih legit ketika sudah matang. Akan tetapi, jenis jagung apapun dapat dijadikan bahan utama dengan syarat bahan pendukung seperti tepung terigu, gula dan telur sesuai dengan takaran,” jelasnya.

Keantusiasan tersebut belum berakhir, peserta diminta untuk mendekat saat proses memasak agar lebih paham dan jelas. Salah satu peserta, Siti Aminah mengaku senang atas kegiatan tersebut. “Saya senang sekali dengan adanya kegiatan ini, ternyata brownis jagung ini rasanya enak dan bermanfaat sekali. Saya mau mencobanya di rumah,” ujarnya.

Diakhir kegiatan, para peserta mencicipi brownis yang sudah matang beserta packaging yang siap dipasarkan. “Harapan setelah kegiatan penyuluh tersebut dapat membuat peserta mampu mempraktekkan langsung dan berwirausaha untuk meningkatan pendapatan keluarganya,” harapnya. (y0n)

cww trust seal