Thursday, August 6, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Kembangkan Jaringan Kerjasama Usaha Koperasi

Kembangkan Jaringan Kerjasama Usaha Koperasi

Reporter : Syamsul Akbar
SUKAPURA – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan bertajuk peningkatan dan pengembangan jaringan kerjasama usaha koperasi di Hotel Nadia Sukapura, Kamis dan Jum’at (19-20/9/2019).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto ini diikuti oleh gerakan koperasi di Kabupaten Probolinggo terdiri dari KPRI, KUD dan Kopwan se-Kabupaten Probolinggo. Sebagai narasumber berasal dari Fast Spirit Internasional Moh. Faishol Chusni dan Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya.

Kepala Bidang Usaha Koperasi dan Fasilitasi Permodalan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Arie Kartikasari mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan SDM pengurus koperasi yang bergerak di sektor usaha dan perdagangan. “Serta memperkuat peran koperasi dalam mendukung upaya perluasan kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan temu bisnis dan jaringan usaha dalam upaya pemberdayaan KUKM guna mendorong perluasan pasar, pemasaran dan daya saing KUKM secara terintegrasi. Salah satunya diimplementasikan melalui pengembangan kemitraan koperasi dan UMKM ini.

“Temu bisnis itu bertujuan untuk memberikan apresiasi dan menggalang komitmen dalam rangka pengembangan UMKM. Antara lain dengan memperluas kesempatan UMKM dalam mendapatkan akses pembiayaan, kerjasama dan komitmen pemasaran produk UMKM,” katanya.

Menurut Anung, dengan menggelar sosialisasi temu mitra bersama para pelaku usaha ini bertujuan untuk mendorong peningkatan pemasaran produk Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) dan diharapkan mampu menjadi saran untuk memfasilitasi pengembangan kemitraan yang didasari oleh keterbukaan, kejujuran dan keadilan sehingga kemitraan yang saling memerlukan, menguntungkan dan terpercaya ini dapat terwujud.

“Melalui kegiatan temu usaha ini diharapkan dapat bermanfaat agar dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, kualitas layanan, menekan biaya produksi dan meningkatkan daya saing. Kita harap kerjasama ini terus berkesinambungan dan bersinergi untuk mendorong peningkatan daya saing KUMKM terkait pemasaran dan pengembangan jaringan usaha koperasi,” harapnya. (wan)

cww trust seal