Tuesday, August 4, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Kelurahan Semampir Kembangkan Layanan Cak Terno

Kelurahan Semampir Kembangkan Layanan Cak Terno

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Layanan “Becak Anter Mrene Mrono” (Cak Terno) yang menjadi salah satu inovasi cerdas di bidang pelayanan masyarakat pada Pemerintahan Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan, maju sebagai salah satu jargon Kabupaten Probolinggo dalam lomba Inovasi Daerah Tingkat Nasional.

Hal ini tidak mengherankan, pasalnya sejak dilaunchingnya program layanan masyarakat berbasis WhatsApp Message sebagai alternatif transaksi jual beli ini manfaatnya begitu besar dirasakan oleh masyarakat Kelurahan Semampir, terutama dalam menghadapi pandemi wabah COVID-19 saat ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Lurah Semampir Agus Suprayoga. Dimana sebelumnya pihaknya harus memutar otak mencari cara bagaimana agar masyarakatnya tetap bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari tanpa harus keluar rumah, dalam rangka memutus mata rantai penularan COVID-19.

Di sisi lain yang juga menjadi pemikiran Agus Suprayoga adalah bagaimana menanggulangi dampak menurunnya penghasilan harian para pedagang klontong, welijo dan abang tukang becak di wilayahnya pada saat pandemi virus korona ini.

“Kami ciptakan layanan sederhana yang mirip dengan aplikasi online “Gofood” yang banyak digunakan masyarakat luas itu. Namun bedanya disini kami hanya memanfaatkan aplikasi WhatsApp yang sudah familiar dengan masyarakat, sehingga memudahkan pada saat pengaplikasiannya,” kata Agus Suprayoga, Jum’at (05/06/2020).

Sementara itu, terpisah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo Santiyono menjelaskan bahwa Lomba Inovasi Daerah yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI kali ini mengedepankan program-program inovasi pada beberapa sektor yang bermanfaat bagi masyarakat. Dan terutama memiliki relevansi dalam penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19.

“Kami melihat program inovasi “Cak Terno” di lingkungan Kelurahan Semampir ini sangat perlu untuk dikenal luaskan kepada publik. Mengingat sistem pengoperasiannya yang begitu sederhana, namun memiliki dampak dan manfaat sangat besar. Semoga hal ini ke depan menjadi inspirasi bagi daerah lain khususnya desa-desa lainnya di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal