Saturday, May 25, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Gelar Temu Pemuda Milenial

Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Gelar Temu Pemuda Milenial

Reporter : Hendra Trisianto

KRAKSAAN –  Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si selaku Ketua Dewan Penasehat Karang Taruna Kabupaten Probolinggo menghadiri acara Temu Pemuda Milenial, Kamis (14/03/2019) pagi di Gedung Islamic Centre (GIC) Kota Kraksaan.

Turut hadir pula dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, H. Soeparwiyono bersama segenap pejabat OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti oleh 1.500 generasi muda yang terdiri dari perwakilan dari sekolah SMA/MA/SMK, Organisasi Kepemudaan serta pemuda Karang Taruna dan jajaran Pengurus Karang Taruna se – Kabupaten Probolinggo. Saat itu para generasi milenial Kabupaten Probolinggo ini berkesempatan untuk berdialog sekaligus mendapatkan arahan, wejangan dari Bupati Tantri dan H. Hasan Aminuddin.

Harapannya, para generasi penggerak pembangunan ini dapat memetik sebuah inspirasi dan motivasi diri dari ilmu dan pengalaman hidup yang disampaikan oleh dua figur pemimpin di Kabupaten Probolinggo ini.

Bupati Tantri dalam sambutannya mengemukakan, generasi muda saat ini sangat identik dengan pemanfaatan teknologi informasi berupa gadget dalam kehidupan sehari-harinya, dan hal ini sudah menjadi kewajaran di era digital saat ini. Oleh karena itu Bupati Tantri berpesan agar mereka lebih bijak dalam memanfaatkan kemudahan dalam mengakses segala jenis informasi.

“Manfaatkan perkembangan zaman itu untuk menopang cita – cita dan keinginan kalian untuk menjadi manusia yang manfaat dan selamat dunia akhirat. Boleh main Internet asalkan untuk menunjang studi kalian,” kata Bupati Tantri.

Bupati Tantri menambahkan, selain kekhawatiran atas pengaruh dan konten negatif yang dimiliki Internet, maraknya tren narkoba dan minuman keras yang kini tidak hanya menyasar remaja akan tetapi juga anak – anak dibawah umur juga membuat miris para orang tua saat ini.

“Inilah tantangan zaman yang harus kalian hadapi, untuk menangkal ini tentunya beberapa pondasi harus diperkuat yaitu pendidikan, dan agama. Manakala kalian taat dan patuh kepada orang tua, mampu memilah dan memilih, InsyaAllah kalian akan mampu menghadapi tantangan zaman tanpa harus terlindas zaman,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, H. Hasan Aminuddin dalam arahannya lebih menitikberatkan kepada hal apa saja yang saat ini sudah dipersiapkan oleh generasi muda. Hal ini sangat terkait dengan pendidikan dan keterampilan apa saja yang telah dikuasai, agar nantinya mereka memiliki nilai tawar saat terjun di dunia kerja.

“Jadilah kalian manusia yang punya integritas, siapkan hal itu sejak dini. Oleh karena itu tingkatkan kemampuan kalian semaksimal mungkin, agar kalian menjadi manusia yang bermanfaat khususnya bagi dirimu, dan orang tua,” tegas anggota Komisi VIII DPR RI ini.

Lebih lanjut H. Hasan Aminuddin menuturkan  bahwa setiap manusia masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Namun apapun kondisi seseorang itu tergantung pada dirinya sendiri bukan orang lain. Oleh karena itu Hasan Aminuddin berharap kepada generasi milenial ini untuk menyibukkan diri dengan rajin belajar, berdoa dan hindari  pergaulan dan hal – hal negatif yang dapat merusak moral, agama dan budaya tempat kita berdomisili.

Wahai para calon pemimpin, semua makhluk Allah itu harus bekerja jika ingin makan. Seekor semut pun masih harus keluar sarang untukmu mencari makan. Ini adalah pilihan, kalau ingin makan maka kerjalah, kalau lebih suka nganggur ya jangan minta makan,” pungkasnya. (dra)