Monday, July 13, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Karang Taruna Buka Bersama Ratusan Abang Becak dan Kaum Dhuafa

Karang Taruna Buka Bersama Ratusan Abang Becak dan Kaum Dhuafa

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo dan Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo menggelar buka bersama ratusan abang becak dan kaum dhuafa di Pendopo Kecamatan Kraksaan, Sabtu (18/5/2019) sore.

Buka bersama abang becak dan kaum dhuafa ini terselenggara berkat kerja sama Karang Taruna Kabupaten Probolinggo dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo (Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Sosial, Bagian Administrasi Kesra serta Bagian Administrasi Perekonomian dan SDA), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo, Tagana Kabupaten Probolinggo serta MWCNU Kecamatan Kraksaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili beserta segenap pengurus, Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Syihabuddin Sholeh, Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Achmad Muzammil, Kepala Bidang, Sekretaris Kecamatan Kraksaan Rochim, Ketua MWCNU Kecamatan Kraksaan Moh. Shiddik serta perwakilan dari Bagian Administrasi Kesra Setda Kabupaten Probolinggo.

Buka bersama abang becak dan kaum dhuafa ini terselenggara berkat kerja sama Karang Taruna Kabupaten Probolinggo dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo (Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Sosial, Bagian Administrasi Kesra serta Bagian Administrasi Perekonomian dan SDA), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo, Tagana Kabupaten Probolinggo serta MWCNU Kecamatan Kraksaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 150 orang abang becak dan 90 orang kaum dhuafa di Kecamatan Kraksaan, 68 orang pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo dan Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo serta 40 orang orang pengurus Tagana Kabupaten Probolinggo. Dalam kesempatan tersebut, para abang becak dan kaum dhuafa ini mendapatkan paket sembako yang disediakan oleh Baznas Kabupaten Probolinggo.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laini menyampaikan buka bersama abang becak dan kaum dhu’afa ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pengurus Karang Taruna di Kabupaten Probolinggo agar bisa berbagi dengan sesama di bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian yang diberikan oleh Karang Taruna Kabupaten Probolinggo dalam membantu perekonomian masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-sehari,” ujarnya.

Menurut Yunita, Karang Taruna adalah organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial. Tentunya Karang Taruna merupakan mitra pemerintah. Diharapkan Karang Taruna dapat selalu bekerja keras, ikhlas dan tuntas untuk bekerja mengentas kesejahteraan sosial.

“Harapannya dengan kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para abang becak dan kaum dhu’afa yang ada di Kecamatan Kraksaan pada khususnya dan Kabupaten Probolinggo pada umumnya,” harapnya.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Achmad Muzammil mengatakan buka bersama dan penyerahan paket sembako bagi ratusan abang becak dan kaum dhuafa ini merupakan salah satu upaya penyaluran dana Zakat dan Infaq selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah. “Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dengan para abang becak dan kaum dhuafa. Disamping juga sebagai tanggung jawab untuk segera menyalurkan zakat,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini Muzammil mengharapkan bisa berbagi kebahagiaan dengan para abang becak dan kaum dhuafa. Sebab masih banyak abang becak dan kaum dhuafa yang perlu mendapatkan bantuan.

“Oleh karena itu, kami memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah ini kami memohon agar para wajib zakat untuk menyerahkan zakatnya secara terorganisir melalui Baznas dan tidak secara individual. Dengan demikian, penyalurannya bisa dilakukan secara lebih meriah,” tegasnya.

Sedangkan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo Rigustina mengungkapkan bahwa karang taruna merupakan organisasi kepemudaan yang merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda yang bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

“Sebagai organisasi sosial kepemudaan karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Kami berharap agar program kerja karang taruna bisa semakin maksimal,” katanya.

Kegiatan ini diakhiri dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Syihabuddin Sholeh. Dalam kesempatan tersebut, Komisioner Baznas Kabupaten Probolinggo ini menyampaikan tentang indahnya berbagi kebahagiaan dengan sesama, terutama di bulan suci Ramadhan. (wan)

cww trust seal