Saturday, May 25, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Kakang Deva dan Ayu Witri Duta Wisata 2019

Kakang Deva dan Ayu Witri Duta Wisata 2019

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN –
Kakang Alverian Devara Karhatt dari SMA Taruna dra Zulaicha Leces dan Ayu Witri Sutri Yanti dari Kecamatan Lumbang akhirnya terpilih sebagai Duta Wisata Kabupaten Probolinggo tahun 2019. Keduanya terpilih pada malam grand final pemilihan Duta Wisata Kakang Ayu Kabupaten Probolinggo tahun 2019 di Alun-alun Kota Kraksaan, Jum’at (26/4/2019) malam.

Sementara Wakil Ketua I Duta Wisata diraih Kakang Rudi Purnomo dari Kecamatan Sumber dan Ayu Leli Vieska Rosyida dari Kecamatan Dringu. Wakil Ketua II Duta Wisata diraih Kakang Almer Maulana E dari SMAN 1 Kraksaan dan Ayu Wahida NI dari Kecamatan Leces. Selanjutnya Duta Lingkungan diraih Kakang Moda Hadibka Pratama SMKN 1 Kraksaan dan Ayu Giwang M. Pangayom. SMAN 1 Kraksaan. Sedangkan Duta Kopi diraih Kakang Rudi Cahyono Kecamatan Kraksaan dan Ayu Faradiva Anjelia SMAN 1 Kraksaan.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA. Timbul Prihanjoko.

Malam grand final pemilihan Duta Wisata 2019 ini dihadiri oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan M. Sidik Widjanarko, Asisten Administrasi Umum Anung Widiarto serta sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Dalam sambutannya Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan pemilihan Duta Wisata Kakang Ayu merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan objek-objek wisata sekaligus kebudayaan dan seni yang ada di Kabupaten Probolinggo agar lebih banyak dikenal dan dikunjungi masyarakat luas.

“Disamping itu melalui kegiatan ini juga akan memberikan nilai positif bagi generasi muda agar lebih mencintai dan menjadi bagian terdepan di Kabupaten Probolinggo dalam menggali, memperkenalkan, memasarkan hingga kemudian menjadi kehidupan pariwisata, seni dan budaya daerah,” katanya.

Wabup Timbul menerangkan pemilihan Duta Wisata Kakang Ayu merupakan salah satu ajang untuk membentuk generasi muda Kabupaten Probolinggo yang lebih kreatif, inovatif,
profesional dan berakhlakul karimah. “Melalui ajang pemilihan Duta Wisata Kakang Ayu ini, kita dapat menggali potensi yang dimiliki para peserta,” jelasnya.

Menurut Wabup Timbul, pada era globalisasi ini, generasi muda dihadapkan dengan berbagai tantangan dan berbagai pengaruh yang bisa merusak moral, seperti narkoba, prostitusi, kenakalan remaja dan penyimpangan sosial. Untuk itu diharapkan kepada para finalis pemilihan Kakang Ayu untuk menjadi pelopor membentengi generasi muda dari pengaruh negatif.

“Generasi muda mempunyai peran penting dalam tatanan pembangunan daerah. Untuk itu, para Duta Wisata Kakang Ayu menjadi pioner dalam membentuk generasi muda agar lebih mencintai potensi dan budaya daerah serta menjauhi hal-hal negatif. Apalagi kesempatan untuk mengukir prestasi dan berkontribusi bagi daerah masih terbentang luas. Oleh karena itu, kalian harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak ilmu pengetahuan dan terus belajar,” pungkasnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Tatok Krismarhento mengungkapkan Pemilihan Duta Wisata Kakang Ayu Kabupaten Probolinggo ini bertujuan untuk menggali potensi dan minat pemuda-pemudi di Kabupaten Probolinggo dalam bidang pariwisata, budaya dan lingkungan hidup. “Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran pemuda untuk mempromosikan semua potensi wisata di wilayah Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Menurut Tatok, kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 100 pendaftar dan terjaring 65 peserta yang lolos untuk mengikuti tes tulis, tes wawancara dan minat bakat. Kemudian yang masuk mengikuti jenjang berikutnya yaitu pembekalan sebanyak 20 orang peserta dan selanjutnya mengikuti grand final Pemilihan Duta Wisata Kakang Ayu Kabupaten Probolinggo tahun 2019. “Pemilihan Duta Wisata kali ini kami menggandeng UKM batik tulis dan aksesoris binaan Disporaparbud Kabupaten Probolinggo dalam seksi ekonomi kreatif,” pungkasnya. (wan)