Monday, August 10, 2020
Depan > Pendidikan > Kak Timbul Tutup Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

Kak Timbul Tutup Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

Reporter : Mujiono
KRAKSAAN – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo yang juga Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Tim Pelatih Pusdiklatcab Satria Guna Gerakan Pramuka Kwarcab Probolinggo secara resmi menutup pelaksanaan kursus Pembina pramuka mahir tingkat dasar di aula Pondok Pesantren Al Mashduqiyah Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan, Kamis (24/10/2019).

Kursus Pembina pramuka mahir tingkat dasar gugus depan 15183-15184 ini dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari mulai 18 Oktober 2019. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk gugus depan unggulan yang akan mampu mengembangkan generasi muda berkualitas serta menarik minat generasi muda dalam berpartisipasi kegiatan kepramukaan.

Hal ini merupakan salah satu langkah peningkatan kualitas dalam hal kepramukaan di Kabupaten Probolinggo, baik dari bidang keterampilan maupun pengetahuan. Dimana tujuannya untuk mencetak pembina pramuka mahir yang bermutu dan berkualitas.

Dalam penutupan tersebut dilakukan penyerahan piagam penghargaan oleh Wakil Pengasuh II Pondok Pesantren Al Mashduqiyah Ust. Mohammad Rifa’i kepada 3 (tiga) orang peserta. Yakni, Aliyah Oktaviani dari Kelas A, M. Zaki Firmansyah dari Kelas B dan Alfian Syauqi Maulana dari Kelas C.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengungkapkan siapapun yang berprestasi akan didukung dan terus berkarya hingga ditingkat yang lebih tinggi.

“Ini merupakan sebuah prinsip di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo. Seorang pramuka harus mampu menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Karena pramuka itu sendiri merupakan benteng di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Kak Timbul, seorang pramuka sejati harus menjadi tonggak. Sebagai motor pramuka pantang untuk menolak tugasnya. Ikhlaskan tenaga dan pikiran untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar gugus depan ini diharapkan dapat mencetak menjadi seorang yang terdepan dan menjadikan orang-orang yang berguna bagi masyarakat bangsa dan Negara,” harapnya. (y0n)

cww trust seal