Friday, September 20, 2019
Depan > Kesehatan > Kak Timbul Launching SBH Darling

Kak Timbul Launching SBH Darling

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo yang juga Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara resmi melaunching (rilis) SBH Darling (Saka Bakti Husada Sadar Lingkungan) di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Senin (9/9/2019).

Launching SBH Darling ini dilaksanakan di sela-sela kegiatan pengukuhan pengurus Saka Bakti Husada Kabupaten Probolinggo masa bakti 2019-2023 dan workshop pengembangan SBH yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Timur, pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Ketua dan anggota Mabi Saka Bakti Husada Kabupaten Probolinggo, Ketua Kwartir Ranting dan Mabiran Saka Bakti Husada se-Kabupaten Probolinggo.

Launching ini ditandai dengan penyerahan tas SBH Darling yang memuat 6 (enam) krida dari SBH Kabupaten Probolinggo. Yakni, Krida Bina Kesehatan Keluarga, Krida Bina Gizi, Krida Bina Kesehatan Lingkungan, Krida Bina Penanggulangan Penyakit, Krida Bina PHBS dan Krida Bina Obat. Selanjutnya dalam tas ini berisikan pesan yang bisa disampaikan kepada masyarakat.

“Diharapkan Saka Bakti Husada sebagai peer educator/pendidik sebaya melalui SBH Darling untuk membawa kaum muda yang lebih baik mulai dari diri sendiri, keluarga maupun masyarakat,” kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko.

Kak Timbul menjelaskan inovasi yang digagas oleh SBH Darling ini merupakan sebuah upaya agar apa yang diinginkan sesuai dengan keinginan semua. Sebab kalau urusan pengabdian, pramuka sudah dunianya. Oleh karena itu, dengan launching ini kolaborasi dunia kesehatan harus ditingkatkan.

“AKI, AKB dan stunting di Kabupaten Probolinggo masih tinggi. Kalau bisa memanfaatkan pramuka dengan baik, maka apa yang diinginkan akan bisa berjalan dengan lancar. Mengabdi di pramuka memang tidak ada bayarannya, tetapi semangatnya luar biasa. Cobalah manfaatkan adik-adik pramuka dan ajak untuk memantau persoalan agar bisa membantu pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Bahkan Kak Timbul meminta supaya pramuka diajak untuk membuat riset di masyarakat. Karena pramuka memang harus mengabdi dan membantu persoalan di tengah-tengah masyarakat.

“Semoga setelah dilaunching SBH Darling ini akan lebih menyemangati gerakan kesehatan di Kabupaten Probolinggo. Mari kita bergandengan tangan supaya seluruh upaya bisa maksimal. Ikhlaskan pemikiran dan tenaga untuk kepentingan bersama. Tujuan kita sama untuk mengabdi kepada masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Saka Bakti Husada Kabupaten Probolinggo Kak Sri Rusminah menjelaskan satu persatu krida dari SBH Kabupaten Probolinggo sekaligus meminta semua lintar program dan lintas sektor untuk memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. (wan)