Tuesday, October 27, 2020
Depan > Pemerintahan > Kabupaten Probolinggo Terima Bantuan dari Pemprov Jatim

Kabupaten Probolinggo Terima Bantuan dari Pemprov Jatim

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah di wilayah Bakorwil V Jember yang menerima bantuan dari Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Senin (21/9/2020) sore.

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo serta Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Bantuan yang diberikan berupa 210 ventilator yang merupakan bantuan dari USAID melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sebagai tindakan kuratif. Hal ini merupakan wujud terintegrasi kesehatan dan ekonomi, integrasi kesehatan berupa tindakan promotif dan kuratif. Sedangkan integrasi ekonomi berupa bantuan subsidi gaji atau upah, BKK BUMDes dan BKK Puspa.

Selain ventilator, diserahkan pula bantuan lain kepada beberapa daerah di wilayah Bakorwil V Jember. Diantaranya, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dan Pendamping Desa, Bantuan Keuangan Khusus (BKK) BUMDes, Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Puspa dan Bantuan Masker serta Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada penerima manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk Kabupaten Probolinggo, bantuan ventilator diberikan kepada RSUD Waluyo Jati Kraksaan, bantuan masker diperuntukkan kepada Korkab Probolinggo, bantuan masker diberikan kepada TKSK dan Tagana Kabupaten Probolinggo serta BLT DD diterima oleh warga Kecamatan Gending dan pendamping desa.

Sedangkan bantuan BKK BUMDes diterima oleh BUMDes Sentul Adventure Body Rafting Desa Sentul Kecamatan Gading dan BUMDes Gading Sejahtera Desa Gading Wetan Kecamatan Gading. Bantuan BKK Jatim Puspa diperuntukkan di wilayah Kecamatan Tiris yang diterima oleh Desa Ranugedang, Desa Wedusan, Desa Pesawahan dan Desa Tegalwatu.

Untuk wilayah Kecamatan Krucil diterima oleh Desa Roto, Kertosuko, Tambelang dan Betek. Bantuan yang lainnya berupa bantuan subsidi upah dan penerima manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Probolinggo diterima secara simbolis oleh tujuh orang.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa atas perhatian dan support yang luar biasa kepada Kabupaten Probolinggo, khususnya Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo. Dimana, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo tetap semangat untuk memperjuangkan rakyat Kabupaten Probolinggo sehat wal ‘afiat.

“Segala upaya akan selalu dilakukan untuk mendukung kebijakan Ibu Gubernur Jawa Timur. Untuk SDM ini memang diperlukan dan tentunya di daerah-daerah lain juga telah merasakan hal sama. Yakni tenaga spesialis, tenaga dokter umum, perawat dan ATML telah langka khususnya di Kabupaten Probolinggo. Semoga kehadiran Ibu Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa dapat mengatasi permasalahan ini,” ungkapnya.

Sementara Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa menitip pesan kepada para relawan, masker menjadi bagian yang bisa melindungi diri dan orang lain. Oleh karena itu pakailah masker yang aman dan benar.

“Terdapat jenis masker yang kurang aman dan menimbulkan masuknya virus COVID-19. Harus kita ketahui bersama bahwa virus COVID-19 belum berhenti dan dianjurkan disiplin memakai masker,” katanya.

Menurut Khofifah, sebagaimana yang diinstruksikan Presiden RI terdapat bantuan subsidi gaji atau subsidi upah. “Harapannya dapat memberikan support terhadap pemenuhan gizi yang semakin baik dan berkualitas, sehingga imunitas kita semakin baik,” tegasnya. (y0n)

cww trust seal