Friday, November 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Kabupaten Probolinggo Ikuti Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Nasional

Kabupaten Probolinggo Ikuti Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Nasional

Reporter : Mujiono
KRAKSAAN – Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah untuk diverifikasi dalam program verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional pada tahun 2019. Demi menyambut hal itu, Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) telah mempersiapkan segala ketentuan yang dibutuhkan oleh Tim Verifikasi Nasional dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kamis (5/9/2019) dilakukan verifikasi dokumen dan lapangan oleh pemerintah pusat. Tim Verifikasi Nasional yang dipimpin oleh Deky Virandola dan Wahyu Indratno datang untuk memeriksa kelengkapan dokumen dan hasil kerja di lapangan untuk meraih penghargaan “Swasti Saba Padapa‚Äú.

Kedatangan tim verifikasi nasional ini disambut oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Rabu (4/9/2019) malam pukul 19.00 wib di Pendopo Kabupaten Probolinggo. Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah dan segenap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai pembina di Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) serta didukung oleh OPD terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo, lintas sektoral, CSR PT POMI dan Paiton Energy dan tokoh masyarakat turut mengawal pelaksanaan Verifikasi Nasional tahun 2019.

Di Kabupaten Probolinggo terdapat potensi/inovasi unggulan yang masuk penilaian tim verifikasi. Untuk Kecamatan Dringu dalam inovasinya adalah Despia (Desa Peduli Ibu dan Anak) yang memiliki slogan “Satu Hati Satu Ibu”. Dimana capaiannya adalah zero AKI dan AKB. Serta SMPN 1 Dringu yang merupakan sekolah sehat dengan jajanan sehat dan UKS-nya.

Selanjutnya di Kecamatan Kraksaan, sasarannya adalah Sekretariat FKKS Kraksaan dengan dokumen perencanaan dan dokumen implementasi, IPAL Komunal yang melayani 243 KK dan pelaksanaan program kedepannya tentang pemanfaatan biogas dan kolam ikan. Di Kecamatan Paiton sasarannya adalah Sungai Jambon, inovasi desa untuk memanfaatkan sungai desa dan menghilangkan mistik daerah sekitar. Disamping Pasar Sehat Paiton yang merupakan pasar berbasis K3 dilengkapi dengan pojok laktasi, pos kesehatan dan radio pasar yang aktif digunakan semua warga termasuk kecamatan dan puskesmas dalam promkesnya.

Kemudian di Kecamatan Sukapura, sasaran untuk verifikasinya adalah Kantor Sekretariat FKKS Sukapura dan rumah sehat yang berdiri sejak tahun 1923 dalam kondisi terawat, bersih dan sehat. Di lokasi ini, tim verifikasi nasional disambut oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko.

Salah satu tim verifikasi nasional Deky Virandola menyampaikan, dari hasil verifikasi untuk Kabupaten Probolinggo sehat ini sudah sesuai dengan ketentuan. Inovasi-inovasi yang telah ditemukan di lapangan telah membawa manfaat untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Inovasi ini dapat membawa dampak positif dan mampu menciptakan Kabupaten Probolinggo yang sehat. Terus berkarya dan lebih banyak berinovasi untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Sementara Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko mengatakan inovasi-inovasi inilah yang diharapkan untuk kemajuan dan untuk lebih meningkatkan pembangunan di Kabupaten Probolinggo. Apa yang dilakukan oleh FKPS sangat membantu program-program Pemerintah Kabupaten Probolinggo sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Probolinggo.

“Saya menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kepada FKPS, PT. POMI dan Paiton Energy yang telah mendukung penuh program pembangunan ini,” katanya.

Tidak lupa Wabup Timbul menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Verifikasi Nasional Tahun 2019 yang melakukan verifikasi di Kabupaten Probolinggo. “Apa yang menjadi kekurangan yang ada di Kabupaten Probolinggo akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk Kabupaten Probolinggo yang lebih baik dan lebih meningkat inovasinya serta menjadi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal