Thursday, June 27, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Jelang Ramadhan, IKADI Gelar Khotmil Qur’an

Jelang Ramadhan, IKADI Gelar Khotmil Qur’an

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK –
Jelang Ramadhan 1440 Hijriyah, Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Kabupaten Probolinggo menggelar Khotmil Qur’an di Musholla Al-Firdaus Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk, Minggu (28/4/2019). Kegiatan yang sudah berjalan 4 (empat) tahun ini selanjutnya dinamakan program Majelis Khotmil Qur’an Ahadiyah karena rutin dilaksanakan setiap hari Ahad (Minggu).

“Semoga istiqomah, sambil mengisi waktu hari libur di hari Minggu serta sangat bermanfaat sebagai media silaturrahim bersama sahabat lama yang sangat sulit bertemu serta tidak diprogram dengan kegiatan dakwah dan keummatan,” kata Ketua IKADI Kabupaten Probolinggo Massajo.

Menurut Massajo, kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 15 orang anggota seumuran. Sehingga terkenang sejak masa remaja usia 13 tahunan dulu yang juga aktif dalam kegiatan tadarrus keliling kampung dalam wadah Remaja Masjid Raudlatul Jannah Besuk.

“Tentunya tidak mudah bisa berhimpun kembali, mengingat usia sudah 50-an tahun, rumah tinggal berpencar, bahkan ada yang keluar Kecamatan Besuk, banyak kesibukan keluarga dan lain-lain. Kegiatan ini 4 tahun lebih sudah berjalan keliling pindah tempat rumah ke rumah anggota terprogram dan disepakati berbentuk arisan anggota khotmil,” jelasnya.

Massajo mengharapkan majlis ini terus berjalan hingga akhir hayat, bahkan didoakan dan diikhtiarkan dapat dilanjutkan oleh generasi anak cucunya dan berkembang lintas generasi agar menjadi amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat. Serta akan terus mengalir walau sudah di alam barzah.

“Tidak mudah memang di zaman ini menanamkan nilai-nilai Qur’any dan mewarisi amaliah robbaniyah. Namun sebagai generasi tua dan orang tua dari anak-anak kita, tetap wajib membimbing, menasehati dan mendoakan agar dapat mewarisi nilai Qur’any sebagai investasi amal sholeh yang akan dipetik kelak di kampung akhirat,” pungkasnya. (wan)