Saturday, April 20, 2019
Depan > Pemerintahan > Jelang Pemilu 2019, Wabup Timbul Serahkan Personil Linmas kepada Polres Probolinggo

Jelang Pemilu 2019, Wabup Timbul Serahkan Personil Linmas kepada Polres Probolinggo

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Wakil Bupati Probolinggo Drs, HA. Timbul Prihanjoko pimpin Apel Penyerahan Satlinmas se – Kabupaten Probolinggo kepada Polres Probolinggo, Sabtu (13/04/2019) pagi, di halaman Kantor Bupati Probolinggo.

Penyerahan sebanyak 5.584 personil Linmas tersebut dalam rangka pengamanan Pemilihan legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serentak tahun 2019 di wilayah Kabupaten Probolinggo pada hari Rabu, 17 April 2019 mendatang. Penyerahan ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima Satlinmas oleh Wabup kepada kedua belah pihak dan disaksikan oleh Dandim 0820 Probolinggo.

Hadir dalam Apel tersebut Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto bersama Komandan Kodim 0820/Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo, perwakilan Komisioner Bawaslu, KPU Probolinggo serta masing-masing Forkopimka se Kabupaten Probolinggo dan OPD terkait di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya Wabup Timbul menjelaskan, menyerahkan personil Linmas kepada Polres Probolinggo ini adalah agar dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya dalam pengamanan Pemilu 2019 ini lebih Profesional.

“Dengan ini personil Linmas kami serahkan kepada Kapolres Probolinggo untuk diberi tugas sebagaimana mestinya, pada 2.992 titik TPS, di 21 kecamatan dan 292 desa se – Kabupaten Probolinggo,” jelas Wabup Timbul.

Wabup Timbul mengemukakan, keberadaan Linmas tidak boleh di pandang sebelah mata, karena keberadaan Linmas adalah dari oleh dan untuk masyarakat. Karena selalu berada di tengah – tengah masyarakat, maka tidak dipungkiri personil Linmas akan mengetahui kondisi riil masyarakat.

“Berbanggalah menjadi anggota Linmas karena anda adalah pilihan masyarakat, dan saat ini tugas dan kewajiban anda adalah bersama masyarakat untuk mengamankan dan mensukseskan jalannya pemilu 2019,” tegasnya.

Lebih lanjut Wabup mengemukakan bahwa kondisi Kabupaten Probolinggo saat ini relatif aman dan kondusif. Kondisi aman ini karena sebelumnya antara tokoh masyarakat, Ulama dan tokoh agama lainnya telah berkomunikasi dengan baik dan sama – sama menyadari akan pentingnya pesta demokrasi ini. Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar senantiasa menjaga kondusifitas ini.

“Jika menemui sebuah kejanggalan di lapangan, segera berkomunikasi kepada unsur Polisi dan TNI yang ada. Kalau ada oknum yang memang sengaja membuat resah, maka silahkan ambil tindakan tegas jika memang tidak mau diberi peringatan. Insya Allah dengan hadirnya TNI, Polri dan Linmas akan memberi ketenangan kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (dra)