Tuesday, November 12, 2019
Depan > Kesehatan > Jalan Sehat Semarakkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Jalan Sehat Semarakkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bersama masyarakat dan pelajar di Kecamatan Kraksaan mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Alun-alun Kota Kraksaan, Jum’at (9/8/2019) pagi.

Jalan sehat yang digelar oleh Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Kabupaten Probolinggo dan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Probolinggo ini dilepas secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono di sisi timur Alun-alun Kota Kraksaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim bersama Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo. Serta para pengurus FORMI Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono menyampaikan kegiatan jalan sehat ini dilakukan untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI serta mengingatkan kepada pejuang yang telah gugur melawan penjajah dengan perjuangan yang sangat gigih untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sesuai dengan tema peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun ini yakni SDM Unggul Indonesia Maju. Unggul tidak hanya unggul dari segi pendidikan saja tetapi juga sehat fisiknya dari seluruh SDM. Maka jika sehat Indonesia akan maju dan akan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Usai dilepas, para peserta jalan sehat ini langsung menempuh rute dengan start dan finish di Alun-alun Kota Kraksaan. Dari Alun-alun Kota Kraksaan puluhan ribu masyarakat bergerak ke arah timur melewati ruas jalan utama Panglima Sudirman Kota Kraksaan dan belok ke utara melewati Jl Juanda Kraksaan.

Selanjutnya dari perempatan Masjid An-Nur peserta belok ke arah barat melewati Jalan Rengganis hingga belok ke selatan melewati SMKN 1 Kraksaan. Kemudian berlanjut ke arah timur hingga finish kembali di Alun-alun Kota Kraksaan.

Sambil menunggu selesainya para peserta yang lain, ribuan peserta yang sudah sampai di garis finish beristirahat sambil menikmati hiburan yang sudah disediakan di sisi timur Alun-alun Kota Kraksaan. Dalam kegiatan jalan sehat ini, panitia menyediakan hadiah utama berupa kulkas, mesin cuci, kompor gas dan ratusan hadiah hiburan. (wan)