Thursday, August 6, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Istirahat Cukup Tentukan Kesembuhan

Istirahat Cukup Tentukan Kesembuhan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga Senin (1/6/2020) malam, orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo mencapai 91 orang. Dari jumlah tersebut, 57 orang atau 62,64% diantaranya sudah dinyatakan sembuh berdasarkan pemeriksaan swab dua kali negatif. Sementara yang masih dirawat dan diisolagi mencapai 32 orang atau 35,16% dan meninggal dunia 2 orang atau 2,20%.

Dari 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Kecamatan Kraksaan masih menjadi daerah paling banyak yang warganya terkonfirmasi positif COVID-19 yang mencapai 15 orang. Hanya saja 11 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh sehingga tersisa 3 orang yang masih diisolasi dan 1 orang meninggal dunia. Selain itu, kini terdapat 6 (enam) kecamatan yang masih zero COVID-19. Yakni Kecamatan Sukapura, Kuripan, Bantaran, Leces, Maron dan Lumbang.

Tingginya angka kesembuhan dari COVID-19 inipun diakui oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

“Pertama yang menjadi dasar tingginya angka kesembuhan karena mereka itu sehat semua. Kedua, setelah diisolasi di rumah sehat itu mereka dipaksa untuk istirahat. Kalau dia di rumah maka dia masih akan beraktifitras dan berinteraksi dengan siapa-siapa, tentunya ini yang tidak bisa dijamin,” katanya.

Sesuai dengan kebijakan dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE jelas Anang, maka orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 ditampung di rumah sehat. Walaupun fasilitasnya tidak terlalu bagus dan biasa-biasa saja tapi akhirnya mereka terpaksa untuk istirahat. Mereka juga melakukan aktifitas olahraga ringan dan beribadah, akhirnya membuat mereka semakin fokus dengan kesehatan.

“Itu yang menjadi salah satu hal yang mempercepat kesembuhan mereka. Kalau kita bagaimana upaya pemberian pola makan yang baik, vitamn dan pelengkap lainnya supaya mereka cepat sehat,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal